TRI YULITA WIJAYANTI - NIM. 92412252, (2010) MEMBERDAYAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (MEMBERDAYAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (365kB) | Preview |
|
![]() |
Text (MEMBERDAYAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
PAI sebagai salah satu program pengajaran di sekolah, tak kurang perlunya terhadap lingkungan sekolah. Karena kadang-kadang terjadi kontradiksi antara materi-materi PAI dengan kondisi lingkungan sekolah sehingga menghambat pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam. Problem lain yang cukup signifikan dalam menghambat program PAI ialah pengaruh perubahan lingkungan global di luar tembok sekolah. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari pola hubungan Tri Pusat Pendidikan yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Obyek dalam penelitian ini adalah tentang masalah-masalah lingkungan sekolah dalam hubungannya dengan PAI. Sumber data berupa buku-buku tentang pemberdayaan lingkungan sekolah dalam kaitannya dengan PAI. Analisis yang disajikan dalam penelitian ini adalah diskriptif analisis, dan cara kerja analisa penelitian ini dengan metode deduksi dan induksi. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap proses pembelajaran PAI ditentukan oleh perencanaan pendidikan yang dibuat sekolah serta usaha konkrit penanaman nilai-nilainya di sekolah oleh seluruh unsur pendidikan di lingkungan dengan suri teladan dan pergaulan yang mendidik. Faktor yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah dalam perspektif PAI meliputi unsur manusiawi, material, fasilitas dan perlengkapan serta prosedur yang sejalan dengan nilai-nilai Islam, sehingga lingkungan sekolah dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran PAI. div
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Moch. Fuad. |
Uncontrolled Keywords: | lingkungan sekolah, perspektif Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 20 Feb 2013 15:23 |
Last Modified: | 20 Feb 2013 15:24 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4768 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |