HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN KENAIKAN KELAS PADA SISWA-SISWI KELAS II SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Fitri Muhimatul Maskanah, NIM. 01220680 (2005) HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN KENAIKAN KELAS PADA SISWA-SISWI KELAS II SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN KENAIKAN KELAS PADA SISWA-SISWI KELAS II SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL)
01220680_Bab I_Bab IV_Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN KENAIKAN KELAS PADA SISWA-SISWI KELAS II SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL)
01220680_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Percaya diri pada siswa siswi kelas 2 SMAN II Banguntapan Bantu! mayoritas rendah. Percaya diri dalam penelitian ini meliputi perasaan optimis, yakin akan kemampuan dan rahmat Allah SWT, mandiri serta tenang. 2. Tingkat kecemasan menghadapi ujian kenaikan kelas pada siswa siswi kelas 2 SMAN II Banguntapan Bantu! mayoritas tinggi. Kecemasan dalam penelitian ini merupakan kondisi emosiona! sementara pada siswa dalam menghadapi ujian kenaikan kelas. Siswa mengalami kekhawatiran, tegang, takut, kehilangan konsentrasi saat ujian dan kehilangan harapan akan kemampuannya 3. Terdapat korelasi negatif yang signifikan antara percaya diri dengan kecemasan menghadapi ujian kenaikan kelas pada siswa siswi kelas 2 SMAN II Banguntapan Bantu!. Artinya semakin rendah percaya diri maka semakin tinggi kecemasan menghadapi ujian kenaikan kelas. Hal ini sesuai dengan pendapat Turston yang mengatakan bahwa remaja dengan kecemasan tinggi cenderung mengalami kesulitan dalam mengamati perilakunya sendiri maupun dalam merumuskan konsep dirinya sesuai dengan kenyataan yang ada, karena mereka mempunyai percaya diri yang cenderung rendah sehingga hanya dapat melihat dirinya lebih rendah dari yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Casmini S. Ag. M. Si,
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Kecemasan, Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas, Siswa-Siswi Kelas II SMAN 2 Banguntapan Bantul
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2021 15:50
Last Modified: 13 Dec 2021 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum