Penilaian Autentik pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan Perguruan Tinggi di Indonesia

Sukiman, - and Fatlud Rozi, - (2020) Penilaian Autentik pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Project Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Penilaian Autentik pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan Perguruan Tinggi di Indonesia)
Penilaian Autentik pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1639362403.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Authentic assessment adalah respon terhadap tantangan zaman dalam dunia pendidikan. Penilaian autentik melalui pendekatan saintifik adalah jalan untuk mempertemukan konsep, teori, gagasan dalam ranah kognitif (pengetahuan) dengan ranah afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan), sehingga tujuan umum dari perubahan ini adalah peningkatan mutu pembelajaran. Dalam karya ilmiah ini akan membahas tentang authentic assessment pada DIKDASMEN dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Penulisan didalam karya ilmiah ini merupakan hasil dari penelitian library research, dimana peneliti menggunakan sumber-sumber literasi yang mendukung materi. Adapun peneliti menemukan kesesuaian penilaian asesmen ini dengan apa yang dibutuhkan di era zaman sekarang ini, akan tetapi dalam prakteknya masih terjadi beberapa kekurangsesuaian terhadap tujuan dari authentic assessment sendiri. Seperti dalam ranah kognitif peserta didik mampu menguasai dengan baik materi sholat, tetapi dalam kehidupan sehari-harinya dalam ranah keterampilan yaitu mempraktekkan sholat masih terdapat kesalahan, juga dalam ranah afektif (sikap) substansi dari sholat juga belum memberikan perubahan dampak yang baik dalam kehidupan keseharian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Penilaian; Pendidikan Dasar; Pendidikan Menengah; Pendidikan Tinggi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 13 Dec 2021 09:37
Last Modified: 13 Dec 2021 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum