HISTORIOGRAFI FILM KINGDOM OF HEAVEN BERDASARKAN NASKAH WILLIAM MONAHAN (TAHUN 2005) DITINJAU DARI BUKU PERANG SALIB KARYA CAROLE HILLENBRAND (TAHUN 1999)

Vina Indri Purnawanti, NIM.: 16120021 (2021) HISTORIOGRAFI FILM KINGDOM OF HEAVEN BERDASARKAN NASKAH WILLIAM MONAHAN (TAHUN 2005) DITINJAU DARI BUKU PERANG SALIB KARYA CAROLE HILLENBRAND (TAHUN 1999). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HISTORIOGRAFI FILM KINGDOM OF HEAVEN BERDASARKAN NASKAH WILLIAM MONAHAN (TAHUN 2005) DITINJAU DARI BUKU PERANG SALIB KARYA CAROLE HILLENBRAND (TAHUN 1999))
16120021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HISTORIOGRAFI FILM KINGDOM OF HEAVEN BERDASARKAN NASKAH WILLIAM MONAHAN (TAHUN 2005) DITINJAU DARI BUKU PERANG SALIB KARYA CAROLE HILLENBRAND (TAHUN 1999))
16120021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang historiografi dalam naskah Kingdom of Heaven karya William Monahan ditinjau dari buku The Crusades : Islamic Perspektives karya Carole Hillenbrand. Naskah tersebut ditulis pada tahun 2005 dan mengangkat tema Perang Salib II (dua) tahun 1184-1187 Masehi. Sedangkan fokus permasalahan yang dikaji meliputi latar belakang penulisan naskah, gambaran Perang Salib dalam naskah Kingdom of Heaven ditinjau dari buku Perang Salib karya Carole Hillenbrand, serta faktor-faktr penyebab terjadinya aspek objektif dan subjektif pada naskah. Guna mengkaji permasalahan di atas, peneliti menggunakan pendekatan sosiologi sastra serta dua teori yakni teori analisis isi dan teori sejarah Croce. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap, yakni: Heuristik atau pengumpulan sumber, Verifikasi atau kritik sumber, Interpretasi atau penafsiran sumber dan Historiografi atau penulisan sejarah. Hasil kajian penelitian historiografi dalam naskah Kingdom of Heaven ditinjau dari buku Perang Salib karya Hillenbrand menunjukkan adanya dua aspek dasar yakni objektif dan subjektif. Aspek objektif yang terdapat dalam alur cerita Perang Salib merupakan bentuk komitmen dari Wiliam Monahan dalam misi melawan stigma negatif Barat mengenai Islam dan muslim pasca tragedi WTC. Adapun aspek subjektif atau bias yang terdapat dalam penokohan dan peristiwa Perang Hittin disebabkan berbagai faktor. Selain karena sumber rujukan naskah dan kurangnya pemahaman mengenai Perang Salib berdasarkan sudut pandang Islam, naskha Kingdom of Heaven juga ditulis sebagai kritik terhadap kebijakan Presiden George W. Bush dalam Perang Irak serta kemelut Islamophobia di Amerika. Disamping itu naskah film Kingdom of Heaven menyelipkan pesan bahwa hidup berdampingan dalam perbedaan jauh lebih baik dibandingkan berperang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurul Hak, S .Ag, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Salahudin al-Ayubi, Perang Salib, Kingdom Of Heaven
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:31
Last Modified: 03 Jan 2022 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47700

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum