HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEROHANIAN ISLAM DENGAN PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMU NEGERI 4 YOGYAKARTA

Yusriatun Musta'idah, NIM. 00410025 (2004) HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEROHANIAN ISLAM DENGAN PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMU NEGERI 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEROHANIAN ISLAM DENGAN PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMU NEGERI 4 YOGYAKARTA)
00410255_Bab I_Bab V_Pustaka.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEROHANIAN ISLAM DENGAN PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMU NEGERI 4 YOGYAKARTA)
00410255_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kegiatan ekstra kurikuler Kerohanian Islam merupakan kegiatan keagamaan siswa yang dikelola oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Jenis kegiatan keagamaan ini berperan aktif dalarn menunjang tercapainya tujuan Pendidikan Agarna Islam di sekolah khususnya dalam membantu meningkatkan pengamalan agarna Islam siswa. Pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler tersebut meliputi dua hal, Pertarna kegiatan yang diselenggarakan secara rutin, seperti kajian bulanan, shalat dhuhur berjama' ah, shalat Jum' at bersama, pengurnpulan infaq dan tasyakuran muslimah. Kedua, kegiatan yang diselenggarakan secara insidental, yaitu kegiatan yang diselenggarakan sejalan dengan peristiwa tertentu yang sepenuhnya dilaksanakan oleh siswa di bawah pengawasan dan bimbingan dari guru Pendidikan Agama Islam. Kegiatan insidental tersebut antara lain : peringatan Isra Mi'raj, 1 Muharram, Maulid nabi, pengajian akbar pelajar, bazar, lomba-lomba Islarni, latihan nasyid, dan out bond Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstra kurikuler Kerohanian Islam dengan pengamalan agama Islam siswa sebesar 0,602 dengan tingkat korelasi sedang/cukup. Dengan demikian hipotesa alternatifnya terjawab bahwa ada korelasi yang signifikan antara kegiatan Kerohanian Islam dengan pengamalan agama Islam siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suwadi, MAg
Uncontrolled Keywords: Ekstra Kurikuler, Kerohanian Islam, Pengamalan Agama Islam, SMU Negeri 4 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2021 15:50
Last Modified: 13 Dec 2021 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum