PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MENURUT TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME

Maftuhatul Muna, NIM. 00430152 (2005) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MENURUT TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MENURUT TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME)
00430152_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MENURUT TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME)
00430152_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar 2. Pembelajaran matematika dengan teori belajar konstruktivisme memandang siswa sebagai individu yang selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai bagi dirinya. Guru hanyalah berfungsi sebagai mediator, fasilitator, dan ternan yang membuat situasi yang kondusif untuk terjadinya konstruksi pengetahuan pada diri siswa. Dalam pembelajaran model ini, siswa lebih diutamakan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan. mereka melalui asimilasi dan akomodasi. Oleh karena itu, guru harus mampu melayani berbagai karakteristik siswa, paling tidak terdapat 3 golongan siswa, yaitu golongan yang kecepatan belajamya tinggi, sedang dan rendah. 3. Dal am ha! pelayanan terhadap siswa yang mempunyai kecepatan belajar berbeda, guru perlu terus mengasah kemampuan mengembangkan bahan­bahan belajar yang bervariasi, sesuai dengan kelompok siswa yang ada. 4. Pembelajaran matematika dalam kurikulum berbasis kompetensi menuntut kemampuan guru yang lebih profesional dalam bidangnya. Guru juga dituntut untuk terampil memilih strategi, pendekatan dan metode yang dapat membangkitkan motivasi anak selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Sri Wardani, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Teori Belajar Konstruktivisme
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2021 15:51
Last Modified: 13 Dec 2021 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum