PERBANDINGAN KADAR PROTEIN PADA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS SP) ANTARA YANG DI KUKUS DENGAN YANG DIBAKAR SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA KELAS XII SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN

Meilina Anjaswari, NIM. '00440287 (2005) PERBANDINGAN KADAR PROTEIN PADA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS SP) ANTARA YANG DI KUKUS DENGAN YANG DIBAKAR SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA KELAS XII SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KADAR PROTEIN PADA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS SP) ANTARA YANG DI KUKUS DENGAN YANG DIBAKAR SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA KELAS XII SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN)
00440287_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KADAR PROTEIN PADA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS SP) ANTARA YANG DI KUKUS DENGAN YANG DIBAKAR SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA KELAS XII SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN)
00440287_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (45MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar protein pada ikan tongkol (Euthynnus sp) yang diknkus dan yang dibakar kemudian membandingkan keduanya. Proses dan hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar Kimia kelas XII SMA pada materi pokok protein. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purpossive random sampling, yakni dengan membeli 3 ekor ikan tongkol (Euthynnus sp) di Pasar Gowok, Desa Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Y ogyakarta dengan kriteria ikan masih segar. Penentuan kadar protein yang terkandung dalam ikan dilakukan dengan metode mikro Kjeldahl dan disajikan dalam bentuk persen berat I volum (% b/v). Hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa kadar protein pada ikan tongkol (Euthynnus sp) yang dibakar adalah 34,15 % ± 2,76 % dan yang dikukus adalah 28,25 % ± 0,66 %. Setelah dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 5 % temyata kadar protein pada ikan tongkol (Euthynnus sp) yang dibakar dan yang dikukus memberikan perbedaa.'1 yang signifikan. Hal ini membuktikan adar,ya pengaruh pengolahan terhadap ikan, khususnya dengan panas. Berdasarkan syarat-syarat sumber belejar, maka penelitian ini dapat dikategorikan sebagai sumber belajar. Proses dan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai altematif Sumber Belajar Kimia SMA I MA pada Materi Pokok Protein.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Das Salirawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: lkan Tongkol (Euthynnus sp), Kadar Protein
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2021 15:51
Last Modified: 13 Dec 2021 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum