PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENEKANAN PADA KOMPONEN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Harliyudi, NIP. '00440348 (2005) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENEKANAN PADA KOMPONEN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENEKANAN PADA KOMPONEN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
00440348_Bab I_Bab V_Pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENEKANAN PADA KOMPONEN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
00440348_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA MUHAMADIYAH 4 Yogyakarta dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan penekanan pada komponen Konstruktivisme yang dilakukan. Selain itu juga diamati apa saja kekurangan dan kelebihannya serta kendala-kendala yang dihadapi selama berJangsungnya proses pembelajaran. Penerapan pendekatan CTL dengan penekanan pada komponen Konstruktivismc diharapkan dapat mcningkatkan prcstasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Kimia di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian tindakan ini dilakukan hingga tiga tindakan. Pada tindakan pertama dipilih metode demonstrasi yang dilakukan oleh guru di depan kelas, kemudian siswa menyimpulkan sendiri konsep kimia berdasarkan demonstrasi dan diskusi kelas yang dilakukan setelah demonstrasi dilakukan. Pada tindakan kedua dipilih metode eksperimen dan diskusi. Kelas dibagi dalam dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari empat belas siswa. Mereka melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk praktikum yang telah disediakan, kemudian menyimpulkan konsep kimia berdasarkan hasil percobaan dan diskusi hasil percobaan yang dilakukan baik di dalam kelompok maupun klasikal. Adapun tindakan ketiga dilakukan sebagai upaya perbaikan tindakan kedua. Pada tindakan ketiga ini kelas dibagi dalam tujuh kelompok sehingga masing-masing kelompo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nurrohmah
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Konstruktivisme, Prestasi belajar siswa
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2021 15:51
Last Modified: 13 Dec 2021 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum