Shahnaz Nurazizah, NIM.: 21104040020 (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV))
21104040020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV))
21104040020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (37MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan ELKPD berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang meliputi tahap analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga validator, yang meliputi dua dosen program studi Pendidikan Matematika dan satu pendidik mata pelajaran matematika sebagai ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan, 20 peserta didik untuk uji coba keterbacaan, satu pendidik mata pelajaran matematika dan 34 peserta didik sebagai penilai kepraktisan, serta dua kelas VIII di SMP Negeri 15 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, kuesioner studi pendahuluan, lembar validasi, angket uji coba keterbacaan, angket praktikalitas respons pendidik dan peserta didik, serta soal post-test kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis validitas, praktikalitas, dan efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor rata-rata penilaian ahli materi pembelajaran sebesar 4,39 (sangat valid) dan penilaian ahli teknologi pendidikan sebesar 4,22 (sangat valid). Selain itu, E-LKPD dinyatakan memenuhi kriteria praktis, dengan persentase sebesar 81,67% dari respons pendidik (sangat praktis) dan 75,71% dari respons peserta didik (praktis). E-LKPD juga dinyatakan memenuhi kriteria efektif berdasarkan analisis hasil post-test, dimana rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 62,43, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 37,65, serta diperkuat oleh hasil uji independent sample t-test dengan nilai
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd. I., M.Sc. |
| Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLDV, TPACK |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 03 Jan 2022 14:34 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 13:51 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47724 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
