SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Sukiman, - (2020) SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Project Report. PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI))
Sistem Penilaian Pembelajaran Berbasia KKNI Prodi PAI.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1639383302.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Program Studi Pendidikan Agama Islam secara umum memiliki misi dan tujuan mendidik calon pendidik/guru profesional agama Islam di madrasah/sekolah. Misi dan tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik, jika didukung dengan rancangan kurikulum yang baik yang relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini serta kualitas proses pembelajaran dan penilaian yang dilakukan dengan baik. Kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian merupakan tiga dimensi dari sekian banyak dimensi yang sangat penting dalam pendidikan. Ketiga dimensi tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Kurikulum merupakan penjabaran tujuan pendidikan yang menjadi landasan proses pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan pendidik untuk mencapi tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum. Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum. Penilaian juga digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, misalnya apakah proses pembelajaran sudah baik dan dapat dilanjutkan atau masih perlu perbaikan dan penyempurnaan. Oleh sebab itu di samping kurikulum yang cocok dan proses pembelajaran yang benar perlu ada sistem penilaian yang baik dan terencana. Amri menyatakan bahwa upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas penilaian

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 13 Dec 2021 15:20
Last Modified: 13 Dec 2021 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum