PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL NAMA-NAMA SENYAWA KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DAN METODE MENGHAFAL KLASIK:STUDI KASUS KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2004/2005

Alfi Fauziati, NIM. 00440420 (2005) PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL NAMA-NAMA SENYAWA KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DAN METODE MENGHAFAL KLASIK:STUDI KASUS KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL NAMA-NAMA SENYAWA KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DAN METODE MENGHAFAL KLASIK:STUDI KASUS KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2004/2005)
00440420_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL NAMA-NAMA SENYAWA KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DAN METODE MENGHAFAL KLASIK:STUDI KASUS KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2004/2005)
00440420_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikans antara penerapan metode quantum learning dan metode menghafal klasik terhadap kemampuan menghafal siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Y ogyakarta III Tahun Ajaran 2004/2005. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III yang terdiri dari 5 kelas, denganjumlah siswa 157. Sampel diambil dengan menggunakan purpossive random sampling, sebanyak 2 kelas yaitu kelas XA dan XC. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggi.makan metode dokumentasi dan tes. Analisis instrumen yang berupa tes meliputi uji validasi dan uji reliabilitas, dengan menggunakan rumus point biserial dan diperoleh r11 = 0,8220. Untuk melihat ada tidaknya perbedaan yang signifikans antara kemampuan siswa dalam menghafal dengan menggunakan metode quantum learning dan metode menghafal klasik dilakukan perhitungan statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikans antara penerapan metode quantum learning dengan metode menghafal klasik terhadap kemampuan menghafal nama-nama senyawa kimia siswa dengan harga t,, = 5,105 pada p:,; 0,05. Adapun harga rerata sesuaian kemampuan menghafal nama-nama senyawa kimia siswa untuk kelas yang menggunakan metode quantum learning sebesar 77,759, kelas yang menggunakan metode menghafal klasik sebesar = 57,500.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Das Salirawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Senyawa kimia, metode menghafal, quantum learning.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Dec 2021 15:46
Last Modified: 14 Dec 2021 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47727

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum