FERMENTASI LIMBAH KULIT PISANG (MUSA SP) MENJADI ALKOHOL SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA

Mar'atul Chabibah, NIM. 00450116 (2005) FERMENTASI LIMBAH KULIT PISANG (MUSA SP) MENJADI ALKOHOL SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FERMENTASI LIMBAH KULIT PISANG (MUSA SP) MENJADI ALKOHOL SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA)
00450116_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (FERMENTASI LIMBAH KULIT PISANG (MUSA SP) MENJADI ALKOHOL SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA)
00450116_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar alkohol dalam ekstrak hasil fermentasi berbagai macam kulit pisang dengan menggunakan mikroorganisme Saccharomyces cerevisiae.dan untuk mengetahui perbedaan jumlah kadar alkohol dalam ekstrak hasil fermentasi berbagai macam kulit pisang serta bertujuan juga untuk mengetahui potensi hasil penelitian sebagai alternatif sumber belajar biologi di SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola rancangan acak lengkap (RAL). Perlakuan yang digunakan adalah variasi ekstrak (kulit pisang ambon, raj a dan emas) sebagai perlakuan masing-masiug dilakukan 3 kali ulangan. Hasil penelitian yang dianalisis melalui uji Anava dan uji DMRT sebagai uji lanjut menunjukkan bahwa perlakuan menggunakan berbagai macam ekstrak kulit pisang (ambon, raja dan emas) berpengaruh terhadap kadar alkohol yang dihasilkan, sedangkan untuk mengetahui kadar alkohol (% BJ) dilakukan dengan uji destilasi dan piknometri. Proses dan produk penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar biologi di SMA pada materi pokok : peranan jamur bagi kehidupan untuk SMA kelas X semester II, materi pokok: proses katabolisme gula untuk SMA kelas XII semester I dan pada materi pokok implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat untuk kelas XII semes,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra.Hj. Maizer Said Nahdi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Fermentasi, Limbah Kulit Pisang, Menjadi Alkohol,
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Dec 2021 15:46
Last Modified: 14 Dec 2021 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum