IMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK PENILAIAN PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH DI TK MASYITHOH II SANANSARI KEC.PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL

Putri Estuning Rahmawati, NIM.: 14430056 (2021) IMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK PENILAIAN PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH DI TK MASYITHOH II SANANSARI KEC.PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK PENILAIAN PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH DI TK MASYITHOH II SANANSARI KEC.PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL)
14430056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK PENILAIAN PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH DI TK MASYITHOH II SANANSARI KEC.PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL)
14430056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan pelaksanaa pembelajaran yang disebabkan adanya pademi wabah covid-19. Pelaksanaan pembelajaran dari rumah dan penilaian dilakukan secara daring. Dalam hal ini tentunya membuat perbedaan dalam penilaian yang dilakukan sebelum masa program belajar dari rumah dilaksanakan. Guru tidak bisa melaksanakan penilaian dan pembelajarn secara maksimal terutama mengobservasi anak secara langsung untuk mendapatkan hasil penilaian secara objektif dan lebih mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian yang dilakukan pada masa belajar dari rumah, dan mengetahui faktor pemghambat serta pendukung dalam pelaksanaan teknik-teknik penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di TK Masyithoh II Sanansari, subyek penelitian adalah guru. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya ditarik kesimpulan. Kesimpulan dalam pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menyimpulkan implementasi teknik-teknik penilaian di TK Masyithoh II Sanansari pada masa belajar dari rumah terdapat beberapa teknik yang dilaksanakan yaitu pengamatan, percakapan, penugasan, hasil karya, unjuk kerja, dan portofolio. Sedangkan teknik yang tidak dilaksanakan yaitu catatan anekdot. Faktor penghambat adanya penilaian dan terlaksananya penggunaan teknik tersebut disebabkan karena keterbatasan tatap muka sehingga guru tidak dapat melakukan observasi anak secara langsung dengan maksimal, kemalasan anak dalam menegerjakan tugas, dan jangkauan internet yang tidak stabil. Adapun faktor pendukung terlaksananya penilaian, sehingga teknik-teknik penilaian dapat dilakukan yaitu dengan adanya sarana prasarana, anak yang mengerjakan tugas, adanya hasil kegiatan, dan terlaksananya pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Teknik-teknik Penilaian, Belajar dari Rumah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:35
Last Modified: 03 Jan 2022 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum