PERAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PESANTREN (STUDI KASUS DI PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA)

Rizqika Asbabunnazlah, NIM.: 14490052 (2021) PERAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PESANTREN (STUDI KASUS DI PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PESANTREN (STUDI KASUS DI PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA))
14490052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PESANTREN (STUDI KASUS DI PP AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA))
14490052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap kepemimpinan perempuan di pesantren. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara konkrit peran kepemimpinan perempuan dalam pengembangan pesantren serta mengetahui faktor faktor pendukung dan faktor penghambat kepemimpinan perempuan di PP Al-Munawwir Komplek R2 Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar tempat di PP Al-Munawwir Komplek R2 Krapyak Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Menganalisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dengan cara trianggulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan : bahwa peran kepemimpinan perempuan di PP Al-Munawwir Komplek R2 Krapyak Yogyakarta adalah Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah bertindak sebagai pembuat kebijakan, sebagai pengajar dan sebagai orang tua. Faktor pendukung dalam kepemimpinan perempuan di PP Al- Munawwir Komplek R2 adalah kepribadian, keterlibatan pengurus harian, tanpa perantara, dan ketaatan santri. Sedangkan faktor penghambat dalam kepemimpinan adalah kurangnya kesadaran diri santri yang menyebabkan tingkat kedisiplinan menurun, kegiatan santri yang dibarengi dengan kegiatan sebagai mahasiswi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra.Wiji Hidayati, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepemimpinan, Perempuan, Pesantren.
Subjects: Gender
Pendidikan Islam (Pesantren)
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:35
Last Modified: 03 Jan 2022 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum