STRATEGI KEPEMIMPINAN KIAI MENGELOLA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DI MTs MUTTAQIEN PSM TAKERAN KAB. MAGETAN

Muhammad Heru Satriawan, NIM.: 14490102 (2021) STRATEGI KEPEMIMPINAN KIAI MENGELOLA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DI MTs MUTTAQIEN PSM TAKERAN KAB. MAGETAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KIAI MENGELOLA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DI MTs MUTTAQIEN PSM TAKERAN KAB. MAGETAN)
14490102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KIAI MENGELOLA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DI MTs MUTTAQIEN PSM TAKERAN KAB. MAGETAN)
14490102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era modern ini banyak pesantren telah mengembangkan sistem pendidikanya dengan membuka madrasah- madrasah formal yang terintegrasi langsung dengan pesantren, hal itu dilakukan sebagai jawaban atas tantangan zaman. Selain itu, memetik mahfudhot khas pesantren yaitu “al-muhafadhotu „ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah” memelihara tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik. Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) yang berada di Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan juga menjadi salah satu pesantren yang mengembangkan Pendidikan Islam sebagai pondok pesantren juga mengikuti sistem Pendidikan Nasional yaitu dengan mendirikan madarsah formal yang menggunakan kurikulum Pendidikan Nasional, mulai dari tingkat RA sampai dengan MA, namun dalam penelitian ini penulis merujuk pada Madrasah Tsanawiyah Muttaqien (MTs Muttaqien) PSM Takeran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, display data, verifikasi, dan trianggulasi data, karena pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan Kiai dalam mengelola madrasah dalam meningkatkan mutu guru di MTs Muttaqien PSM Takeran Kab. Magetan. Tujuan Penelitian. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi yang memadai tentang strategi kepemimpina kiai mengelola madrasah dalam meningkatkan mutu pendidik di MTs Muttaqien PSM Takeran Magetan. Hasil menunjukkan bahwa 1) Kiai PSM Takeran memiliki karakteristik karismatik yaitu sifat atau karakteristik kepribadian berasumsi bahwa seorang dapat menjadi pemimpin apabila memiliki sifat-sifat atau karakteristik kepribadian yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin. 2) Strategi Kiai PSM Takeran dalam meningkatkan mutu pendidik di MTs Muttaqien – PSM Takeran mulai dari Rutinan Mujahadah Taubat, Musyawarah Kerja Bulanan dan Tahunan, Optimalisasi Koordinasi Stakeholder Madrasah, dan Penguatan Risalah Qaidah sebagai azas hidup setiap warga PSM yang salah satunya adalah pendidik di MTs Muttaqien maka penulis dapat menyimpulkan bahwasanya Kiai PSM Takeran dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia pendidiknya adalah dengan Strategy Implementation tujuan utamanya adalah rasionalitas tujuan dan sumber daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Zainal Arifin, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kepemimpian Kiai, Mutu Guru, Gaya Kepemimpinan
Subjects: Kepemimpinan Dalam Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:35
Last Modified: 03 Jan 2022 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum