PROBLEMATIKA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (BAHASA ARAB) DALAM PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK KELAS V MI MIFTAHUL FALAH TAHUN AJARAN 2020/2021

Ahmad Solkan, NIM.: 15420068 (2021) PROBLEMATIKA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (BAHASA ARAB) DALAM PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK KELAS V MI MIFTAHUL FALAH TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (BAHASA ARAB) DALAM PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK KELAS V MI MIFTAHUL FALAH TAHUN AJARAN 2020/2021)
15420068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (BAHASA ARAB) DALAM PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK KELAS V MI MIFTAHUL FALAH TAHUN AJARAN 2020/2021)
15420068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini, sewaktu peneliti melakukan observasi pendahuluan di MI Miftahul Falah khususnya kelas V terdapat fenomena yang menarik. Di mana siswa yang meganggap bahasa Arab sebagai momok. Dalam pembelajaran mereka terlihat kurang motivasi. Penulis berpikir bagaimana jika mereka menguasai bahasa kedua mereka dengan komunikasi. Lewat pemerolehan. Sebab, penguasaan bahasa Arab lewat belajar kaidah-kaidah peneliti kira kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui problematika pemerolehan bahasa khususnya bahasa Arab di MI Miftahul Falah khususnya kelas V. Selain untuk mengetahui probelmatika, penelitian ini juga mengurai, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa kedua (bahasa Arab) di MI Miftahul Falah. Jenis penelitian ini yakni masuk dalam penelitian kualitatif di mana pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data ada empat yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan intrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bila pemerolehan bahasa kedua selaras dengan teori perkembangan bahasa. Mulai dari pandangan nativisme, behaviorisme dan kogntivisme. Namun bagaimana dengan problematikanya. Problematika pemerolehan bahasa di MI Miftahul Falah terjadi karena filter afektif mengganggu pemerolehan bahasa kedua anak, siswa masih menggunakan bahasa ibu daripada bahasa Arab dan pemerolehan bahasa pada kelas tinggi relatif lebih bisa dipahami daripada kelas rendah. xi Selain itu ada beberapa faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa di antaranya faktor biologis, lingkungan, intelegensi, motivasi, usia dan bahasa pertama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Problematika, Psikolinguistik, Pemerolehan Bahasa, Faktor-Faktor
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:36
Last Modified: 03 Jan 2022 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum