IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MI MUHAMMADIYAH KRANGGAN 02 TERSONO BATANG JAWA TENGAH

Agustiyani Probowati, NIM.: 16490058 (2021) IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MI MUHAMMADIYAH KRANGGAN 02 TERSONO BATANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MI MUHAMMADIYAH KRANGGAN 02 TERSONO BATANG JAWA TENGAH)
16490058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MI MUHAMMADIYAH KRANGGAN 02 TERSONO BATANG JAWA TENGAH)
16490058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen pendidikan dan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu madrasah di MI Muhammadiyah Kranggan 02. Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap manajemen yang dilaksanakan oleh kepala sekolah serta penerapan dari fungsi-fungsi manajemen di madrasah. MI Muhammadiyah Kranggan 02 sendiri termasuk dalam sekolah dasar dengan mutu yang lebih baik jika dibanding dengan beberapa madrasah yang ada di ruang lingkup sekitar dan salah satunya ditunjukkan dengan akreditasi A dari data kemendikbud. Akan tetapi pada beberapa tahun terakhir mutu madrasah tidak mengalami kemajuan lagi sehingga terbilang stagnan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu metode penilitian yang menggambarkan dan menginterprestasikan objek dengan apa adanya. Penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek maupun subjek yang diteliti secara tepat. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini adalah kepala sekolah MI Muhammadiyah Kranggan 02, serta para guru dan staff madrasah. Uji keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi cara, serta triangulasi waktu. teknik analisa data dilakukan dengan cara transcript, coding, grouping, comparing, dan contrasting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen di MI Muhammadiyah Kranggan 02 sudah bagus dan dapat menjadi salah satu sarana dalam upaya meningkatkan mutu madrasah, akan tetapi terdapat beberapa kendala seperti kurangnya kepedulian wali murid terhadap pendidikan anak, SDM yang kurang memadai, serta kurangnya pendanaan menjadikan upaya peningkatan mutu madrasah kurang maksimal. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu madrasah yaitu dengan bersama-sama dan saling bekerja sama mencapai tujuan madrasah karena hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh satu pihak. Kepala madrasah bekerja sama dengan para guru dengan mengoptimalkan kemampuan masing-masing dalam bidang pembelajaran dan penguasaan kelas. Kemudian bagi para guru terdapat pembelajaran atau pelatihan dalam upaya menigkatkan kualitas diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Fungsi-Fungsi Manajemen, Mutu Pendidikan.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:36
Last Modified: 03 Jan 2022 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum