HASIL KAJIAN TENTANG STRUKTUR MIKROSKOPIK JARINGAN TULANG KERAS TIBIA DAN TULANG RAWAN NARES ANTERIOR, AURICULAE, DISCUS INTERVERTEBRAE PADA MARMUT (CAVIA COBAYA, L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR STRUKTUR JARINGAN HEWAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI

Maisyatus Shofiyah, NIM. 00450538 (2005) HASIL KAJIAN TENTANG STRUKTUR MIKROSKOPIK JARINGAN TULANG KERAS TIBIA DAN TULANG RAWAN NARES ANTERIOR, AURICULAE, DISCUS INTERVERTEBRAE PADA MARMUT (CAVIA COBAYA, L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR STRUKTUR JARINGAN HEWAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HASIL KAJIAN TENTANG STRUKTUR MIKROSKOPIK JARINGAN TULANG KERAS TIBIA DAN TULANG RAWAN NARES ANTERIOR, AURICULAE, DISCUS INTERVERTEBRAE PADA MARMUT (CAVIA COBAYA, L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR STRUKTUR JARINGAN HEWAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI)
00450538_Bab I_Bab V_Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HASIL KAJIAN TENTANG STRUKTUR MIKROSKOPIK JARINGAN TULANG KERAS TIBIA DAN TULANG RAWAN NARES ANTERIOR, AURICULAE, DISCUS INTERVERTEBRAE PADA MARMUT (CAVIA COBAYA, L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR STRUKTUR JARINGAN HEWAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI)
00450538_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil kajian tentarig struktur mikroskopik jaringan tulang keras tibia dan tulang rawan nares unterior auriculae, discus intervertebrae dapat digunakan scbagai alternatif sumber belajar struktur jaringan hewan di Madrasah Aliyah Negeri. Penelitian ini dilakukan dengan mengkombinasikan dua macam metode penelitian yai tu metode laboratorik dan penelitian tindakan kelas. Metode laboratorik dilakukan pembuatan preparat jaringan tulang keras tibia dan tulang rawan nares anterior. auriculae. discus inlervertehrae dengan pewarnaan Hematoxylin dan Eosin dengan irisan melintang. Hasil yang diperolch adalah dalam bentuk preparat yang selanjutnnya didokumentasikan dalam bentuk foto/gambar dan dideskripsikan bagian-bagiannnya menurut strnktur histoJoginya. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan metode eksprimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I MAN Yogyakarta I. sampel penelitian adalah siswa kelas A, B, E clan F yang dibagi 2 kelompok yaitu 2 kelas eksperimcn dan 2 kelas kontrol. Kelas cksperimen mendapat pcngajaran dengan metode praktikum dan diskusi sedang kclas kontrol dengan mctodc konvensional dan diskusi. Pengambilan data dilakukan dengan cara tcs yaitu melalui pre test clan post test terhadap hasil belajar siswa untuk materi terschut. Hasil bclajar dari kedua kclompok kclas terschul tcrnyata kclas eksperimcn lebih tinggi dibanding dcngan kelus kontrol. Kelm; ckspcrimcn memiliki rcrata gain 0,380 scdang kelas kontrol mcmiliki rerata gain 0, 186. Berdasarkan hasil pcneli!ian ini, maka struktur mikroskopik jaringan tulang ken.ts tibia, dan tulang rawan nares anterior, auriculae, discus interverlehrae dapal dijadikan sebagai altcrnatif media sumber belajar struktur jaringan hcwan di MAIN berdasarkan dalam penerapannya tcrhukti dapat mcningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ir. Ciptono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar Biologi , Struktur Jaringan Hewan, Struktur Mikroskopik Jaringan Tulang Keras Tibia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Dec 2021 15:46
Last Modified: 14 Dec 2021 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum