PENDIDIKAN POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) : STUDI KASUS DEWAN PIMPINAN CABANG PKS MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA

Subranto, NIM. 00470006 (2005) PENDIDIKAN POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) : STUDI KASUS DEWAN PIMPINAN CABANG PKS MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) : STUDI KASUS DEWAN PIMPINAN CABANG PKS MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA)
00470006_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) : STUDI KASUS DEWAN PIMPINAN CABANG PKS MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA)
00470006_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unrnk mendeskripsikan konsep pendidikan politik Dewan Pimpinan Cabang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mantrijeron serta proses pendidikan politik tersebut dalam membenrnk pribadi-pribadi muslim yang menjalankan politik secara ideal. Adapun yang dimaksud dengan Dewan Pimpinan Cabang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mantrijeron yang unrnk selanjutnya disingkat DPC PKS Mantrijeron adalah struktur kepengurusan partai politik di tingkat kecamatan Mantrijeron. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam agenda kegiatan kepartaian Dewan Pimpinan Cabang PKS mantrijeron telah melaksanakan program pendidikan politik bagi kader dan simpatisan. Pendidikan politik tersebut dilaksanakan oleh struktur partai yang terdiri dari 3 (tiga) seksi dengan tugas yang berbeda-beda. Dalam pendidikan politik tersebut meliputi pendidikan yang dimaksudkan unrnk pembinaan kader, wawasan politik kenegaraan, dan aplikasi dalam kehidupan masyarakat. Keseluruhan dari proses pendidikan politik tersebut secara efektif telah mampu membenrnk kader partai yang aktif dalam berbagai jabatan struktural kepartaian dan dewan legislatif meskipun dalam jumlah yang masih terbatas. Namun demikian masih banyak program kerja yang menjadi acuan dari Dewan Pimpinan Pusat akan tetapi belum mampu dilaksanakan oleh struktur DPC PKS Mantrijeron. Sedikitnya kader dan keterbatasan kapabilitas personal pengurus partai merupakan kendala yang cukup menghambat keberlangsungan proses pendidikan politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. M. Rofangi M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Politik, Parta Keadilan Sejahtera (PKS), Dewan Pimpinan Cabang PKS Mantrijeron, Kota Yogyakarta
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Dec 2021 15:47
Last Modified: 14 Dec 2021 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum