PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR`AN UNTUK PARA SANTRI PROGRAM TAHFIZ MURNI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR`AN HARUN ASY-SYAFI’I KARANGKAJEN MERGANGSAN YOGYAKARTA

Muhammad Hasbi, NIM.: 17204021001 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR`AN UNTUK PARA SANTRI PROGRAM TAHFIZ MURNI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR`AN HARUN ASY-SYAFI’I KARANGKAJEN MERGANGSAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR`A<N UNTUK PARA SANTRI PROGRAM TAH{FI<Z} MURNI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR`AN HARUN ASY-SYAFI’I KARANGKAJEN MERGANGSAN YOGYAKARTA)
17204021001_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR`A<N UNTUK PARA SANTRI PROGRAM TAH{FI<Z} MURNI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR`AN HARUN ASY-SYAFI’I KARANGKAJEN MERGANGSAN YOGYAKARTA)
17204021001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya program tahfiz hingga menjadi tren, khususnya di lembagalembaga pendidikan al-Qur`an di Yogyakarta, merupakan satu potensi untuk memperkenalkan bahasa Arab dengan memunculkan inovasi bahan ajar bahasa Arab khusus bagi para penghafal al-Qur`an, salah satu di antaranya adalah lembaga PPTQ Harun Asy-Syafi‟i. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan lembaga tersebut dalam menyajikan bahan ajar bahasa Arab bagi para santri program Tahfiz Murni melalui upaya perumusan konsep dan desain bahan ajar bahasa Arab berbasis al-Qur`an, lalu memvalidasi dan mengujicobakannya untuk mengukur kelayakan dan efektivitas produk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode Research & Development (R&D) model Sugiyono yang telah diadaptasi, yaitu dengan 10 langkah: analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi dan studi literatur, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan pembuatan produk masal. Hasil penelitian ini mengantarkan pada kesimpulan: Pertama, konsep bahan ajar bahasa arab berbasis al-Qur`an di sini berupa buku ajar bahasa Arab yang tercakup di dalamnya panduan guru, tugas rumah, dan kamus, yang disusun secara sistematis dan terdiri dari pengetahuan fakta, konsep, prosedur dan prinsip dengan basis materi yang bersumber dari bahasa al-Qur`an. Kedua, desain pengembangan bahan ajar ini menghasilkan produk yang berjudul “ٍٍ ,”انهغت انعربتٍ نتًحفّظ انقرآ :ٌ نهبًتدئ dengan spesifikasi materi ajar yang terdiri dari kosakata al-Qur`a>n dan cara pengucapannya, pola ungkapan al-Qur`an, kaidah praktis bahasa Arab untuk menganalisis ayat al-Qur`an, serta balagah al-Qur`an, yang kemudian dikembangkan dalam bahasa Arab fusha sehari-hari dengan penguasaan empat maharah maharah alistima’, al-kalam, al-qira`ah dan al-kitabah). Ketiga, hasil validasi produk oleh validator ahli materi memperoleh skor dengan rerata 5 (sangat baik), sedang dari ahli desain memperoleh skor dengan rerata 4 (baik). Kemudian, setelah dilakukan uji coba, diperoleh hasil sebagai berikut: total rerata skor nilai bahan ajar berdasarkan skor hasil umpan balik peserta didik dari aspek materi, desain, peningkatan minat terhadap bahasa Arab dan al-Qur`an, serta kejelasan penyampaian materi adalah 4.1 (sangat baik) atau berdasarkan total nilai efektivitas 83% dari kriteria yang diharapkan. Adapun berdasarkan hasil post test, rerata nilai test adalah 74 (baik). Tampak terjadi peningkatan yang signifikan bila dibandingkan dengan hasil pre-test sebelumnya dengan rerata nilai test 36 (Sangat Kurang).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sukamta, MA
Uncontrolled Keywords: bahan ajar Bahasa Arab; berbasis al-Qur`an; R&D; santri
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:32
Last Modified: 14 Dec 2021 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47747

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum