PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIS SISWA SMP

Bikra Shofa Hanana, NIM.: 17106000042 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIS SISWA SMP)
17106000042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIS SISWA SMP)
17106000042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan modul pembelajaran matematika materi transformasi geometri berbasis strategi belajar peta konsep (concept mapping) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir geometris siswa SMP yang berkualitas ditinjau dari tiga aspek, yaitu aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian. 2) mengetahui kevalidan modul pembelajaran matematika materi transformasi geometri berbasis strategi belajar peta konsep (concept mapping) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir geometris siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pengembangan ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefisian, tahap rancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian modul dan lembar validasi soal berpikir geometri siswa. Lembar penilaian diberikan kepada tiga validasi ahli sebagai subjek penelitian. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) pengembangan modul pembelajaran matematika materi transformasi geometri berbasis strategi belajar peta konsep (concept mapping) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir siswa SMP memperoleh nilai rata-rata dari setiap aspek adalah 1. 2) kevalidan modul pembelajaran matematika yang dikembangkan adalah masuk dalam kategori valid dengan nilai validitas 1. Ditinjau dari hasil penilaian validasi ahli, modul berbasis strategi belajar peta konsep (concept mapping) telah berhasil memfasilitasi kemampuan berpikir geometris siswa SMP pada materi transformasi geometri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul, Peta Konsep (Concept Mapping), Berpikir Geometris, Transformasi Geometri.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:36
Last Modified: 03 Jan 2022 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47750

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum