PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SECARA DARING BAGI SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA

Khopi Syiarul Aziz, NIM.: 17104010017 (2021) PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SECARA DARING BAGI SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SECARA DARING BAGI SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
17104010017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SECARA DARING BAGI SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
17104010017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Sehingga menuntut pembelajaran dilaksanakan secara daring. Tentu bukan hal yang mudah untuk menerapkan pembelajaran sistem daring, terlebih untuk mengajarkan mata pelajaran SKI pada siswa tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang strategi pembelajaran sejarah kebudayaan islam secara daring bagi siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah :1) Strategi pembelajaran SKI secara daring bagi siswa tunanetra yaitu: strategi pembelajaran braille , strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran mandiri. strategi pembelajaran braile yaitu perencanaan dan pelaksanaan dalam strategi pembelajaran membaca braille permulaan. Strategi pembelajaran tidak langsung ini pembelajaran berpusat pada peserta didik sedangkan pendidik bertindak sebagai fasilitator. Strategi pembelajaran interaktif ini menekankan pada pembelajaran diskusi yang sering dilakukan antara peserta. Strategi pembelajaran mandiri bertujuan membangun inisiatif kemandirian dan peningkatan diri. 2) Implementasi strategi pembelajaran SKI secara daring pada siswa tunanetra yaitu: menggunakan strategi pembelajaran yang variatif dan mengkombinasikan dengan keadaan. 3) Media pembelajaran apa yang digunakan dalam pembelajaran SKI secara daring pada siswa tunanetra yaitu: menggunakan screen reader, zoom, google classroom dan braille 4) Implementasi media pembelajaran SKI secara daring pada siswa tunanetra yaitu Fitur screen reader dapat membacakan apa yang ada dilayar untuk disampaikan kepada mereka, sehingga peserta didik yang mengalami tunanetra dapat menerima pesan dengan baik. Sealin itu, untuk pertemuan synchronous dilakukan dengan virtual melalui aplikasi zoom serta untuk memperoleh materi maupun tugas dari pendidik digunakan aplikasi google classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Strategi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:36
Last Modified: 03 Jan 2022 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum