PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK UNTUK MENGERJAKAN TUGAS PAI SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI RT 25 RW 08 SAPEN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

Ficki Presilla, NIM.: 17104010036 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK UNTUK MENGERJAKAN TUGAS PAI SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI RT 25 RW 08 SAPEN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK UNTUK MENGERJAKAN TUGAS PAI SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI RT 25 RW 08 SAPEN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA)
17104010036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK UNTUK MENGERJAKAN TUGAS PAI SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI RT 25 RW 08 SAPEN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA)
17104010036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah ketika maraknya pandemi Covid-19 yang mulai memasuki di Negara Indonesia. Pandemi ini mengubah semua proses pembelajaran menjadi daring (pembelajaran jarak jauh). Tentu bukan hal mudah untuk semua orang tua dapat membimbing anaknya dalam proses pembelajaran daring tersebut. Karena sangat berat untuk membimbing anak di proses pembelajaran daring ini, harus bisa mengerti semua pelajaran dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang peran orang tua dalam membimbing anak untuk mengerjakan tugas PAI selama pembelajaran daring beserta faktor pendukung dan penghambat dalam membimbing anak untuk mengerjakan tugas PAI selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun subjek yang diambil dari penelitian tersebut yaitu warga di Wilayah Sapen RT 5 RW 08. Hasil penelitian ini adalah: mengetahui bentuk-bentuk peran orang tua dalam membimbing anak untuk mengerjakan tugas PAI selama pembelajaran daring, adapun bentuk peran orang tua yang diperoleh meliputi 1) orang tua sebagai motivator, 2) orang tua sebagai guru, 3) orang tua sebagai fasilitator, 4) orang tua sebagai pengawas, 5) serta orang tua sebagai pendamping. Selain mengetahui bentuk peran orang tua juga terdapat faktor yang dialami oleh orang tua selama pembelajaran daring ini, adapun faktor yang dapat mendukung dalam pembelajaran daring meliputi, 1) Orang tua memberikan fasilitas dan, 2) Bentuk perhatian orang tua kepada anak. Dalam melaksanakan kegiatan belajar daring terkadang muncul beberapa kendala yang berasal dari diri orang tua dan anak itu sendiri. Adapun faktor penghambat yang dialami oleh orang tua seperti, 1) kendala terbatasnya kemampuan berfikir, 2) kesibukan orang tua, serta 3) paket Internet. Sedangkan faktor penghambat dari dalam diri anak itu sendiri meliputi kondisi anak yang terkadang kurang fokus dalam belajar. Meskipun demikian orang tua selalu berusaha untuk tetap memberikan peran pendampingan belajar kepada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Yuli Kuswandari, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Bentuk Peran Bimbingan Orang Tua, Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covi-19.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:37
Last Modified: 03 Jan 2022 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47753

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum