FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN DISIPLIN GURU

Agung Nugroho, NIM. 01410549 (2005) FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN DISIPLIN GURU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN DISIPLIN GURU)
01410549_Bab I_Bab IV_Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN DISIPLIN GURU)
01410549_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Fungsi Kepala Sekolah sebagai Supervisor Pendidikan dalam Pembinaan Disiplin Guru di MTsN Habirau Kalimantan Selatan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam pembinaan disiplin guru, serta ingin mengetahui upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam pembinaan disiplin guru dan faktor pendukung atau penghambat dalam pembinaan disiplin guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi kepala sekolah dalam rangka mengembangkan dan memajukan mutu pendidikan serta dapat memberi masukan kepada lembaga pendidikan yang bersangkutan scbagai cermin dari apa yang dilakukan kcpala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pcndidikan pada MTsN I labirau Tcngah. Pcnclitian ini mcrupukan pcnclitian kualitatit: yang mengambil latar di MTsN Habirau. Pcngumpulan data dilakukan dcngan mcngadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumcntasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam pembina.an disiplin guru adalah mencakup kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan pembangkitan semangat dan kerjasarna guru-guru, pengembangan dan pembinnan pengetahuan serta ketrampilan guru-guru, bimbingan dan arahan scrta taula<lan yang diberikan kepada para guru. Adapun teknik' yang digunakan kepala sekolah dalam melakukan supervisi adalah dengan teknik kelompok dan serta teknil: perorangan, serta dengan memberikan buku pedoman terhadap guru, hat ini bertujuan untuk memudahkan kinerja guru. 2) Sedangkan upaya yang dilakukan kepala sckolah dalam meningkatkan disiplin guru adalah dengan memberikan hukuman sesuai bagi yang melanggar peraturan, memberikan hadiah sebagai penghargaan terhadap guru yang berprestasi, mernberi petunjuk secara informal pada setiap yang dibutuhkan, mengawasi kinerja para guru pada waktu-waktu tertentu, melakukan diskusi secara kelompok dan memeriksa absen pada tiap harinya, mewajibkan guru untuk membuat program tahunan, program semesteran, analisis materi pelajaran satuan dan memberikan kesempatan pada guru­guru untuk mengikuti pelatihan atau penataran, menyediakan kotak saran dan kritik sebagai bahan evaluasi. 3) Adapun faktor pendukung dalam pembinaan disiplin guru adalah: Fasilitas yang memadai seperti: Ruangan dan OHP, Buku pedoman serta adanya dukungan dari guru (loyatitas guru), sedangkan faktor penghambat dalam pembiuaan disiplin guru adalah Keterbatasan Waktu dan Adanya sebagian guru yang kurang loyal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, supervisor pendidikan, pembinaan disiplin guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Dec 2021 15:42
Last Modified: 15 Dec 2021 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum