EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUNJANG MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MTS SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA

Lina Musfiroh, NIM. 01410597 (2005) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUNJANG MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MTS SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUNJANG MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MTS SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA)
01410597_Bab I_Bab IV_Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUNJANG MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MTS SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA)
01410597_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang efektivitas penggunaan metode pengajaran pendidikan Agama Islam dalam menunjang motivasi belajar siswa kelas II MTs Sunan Pandanaran Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penggunaan metode pengajaran Pendidikan Agama Islam dalam menunjang motivasi belajar siswa kelas II tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan data tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode pengajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran Yogyakarta adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode diskusi dan metode pemberian tugas. (2) Motivsi belajar siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran Y ogyakarta masih dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu, guru dan lingkungan belajar siswa. (3) Metode pengajaran Pendidikan Agama Islam yang tepat dalam menunjang motivasi belajar siswa kelas II sebagai berikut: pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits metode yang tepat adalah metode pemberian tugas dan metode demonstrasi, tugas yang diberikan yaitu: menyalin ayat Al-Qur'an dan Hadits dari buku paket ke dalam buku catatan siswa, menterjemahkan ayat Al-Qur'an dan Hadits yang di tulis, menghafalkan, menyimpulkan kandungan makna dan menerapkan hukum bacaan Tajwid ke dalam ayat Al-Qur'an yang siswa hafalkan. Dengan metode tersebut siswa termotivasi dalam belajar karena ada tujuan yang di harapkan siswa yaitu adanya kompetisi dalam mencapai prestasi. Pada mata pelajaran Aqidah akhlak metode yang tepat adalah metode ceramah, dengan metode tersebut siswa termotivasi dalam belajar karena materi mata pelajaran Aqidah ahklak sangat berkaitan dengan ketauhidan serta keimanan siswa. Pada mata pelajaran fiqih metode yang tepat adalah metode demonstrasi, dengan metode tersebut siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran karena siswa secara langsung dapat mempraktekkan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) metode yang tepat adalah metode tanya jawab, dengan metode ini siswa mempunyai respon terhadap materi pelajaran yang disampaikan, siswa berani mengemukakan pertanyaan dan pendapatnya dalam proses pembelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbimbing : Drs. H. Soejadi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Pengajaran, Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, Siswa Kelas II MTs Sunan Pandanaran, Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Dec 2021 15:42
Last Modified: 15 Dec 2021 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47757

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum