PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN KEPEDULIAN SOSIAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B DI TK HARAPAN GORONGAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN

Nadia Farah Amalia, NIM.: 1710403001 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN KEPEDULIAN SOSIAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B DI TK HARAPAN GORONGAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN KEPEDULIAN SOSIAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B DI TK HARAPAN GORONGAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN)
17104030001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN KEPEDULIAN SOSIAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK B DI TK HARAPAN GORONGAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN)
17104030001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan orang tua yang memiliki peran penting dalam menerapkan kepedulian sosial anak kelompok B TK Harapan Gorongan pada masa pandemi Covid-19. Untuk itu orang tua menerapkan metode yang tepat dalam menerapkan kepedulian sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam menerapkan kepedulian sosial anak kelompok B di TK Harapan Gorongan, bentuk kepedulian sosial anak, dan faktor pendukung serta kendala yang dihadapi orang tua dalam menerapkan kepedulian sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di TK Harapan Gorongan Condongcatur Depok Sleman. Dimana data yang di dapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi disusun secara sistematis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Peran orang tua dalam menerapkan kepedulian sosial anak usia dini pada masa pandemi Covid-19 kelompok B di TK Harapan Gorongan sangat bagus seperti saling tolong menolong, berbagi dengan sesama, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, sopan dan santun, menerapkan kehidupan bersih dan sehat pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan peran orang tua dalam menerapkan kepedulian sosial menggunakan metode mendidik anak melalui contoh perilaku, melakukan sistem pembiasaan dalam menerapkan kepedulian sosial sejak dini, didukung dengan kreativitas orang tua, komunikasi yang baik antara orang tua dan guru, pemberian motivasi. Walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi orang tua menerapkan kepedulian sosial tidak menurunkan semangat orang tua saat mendidik dan menerapkan kepedulian sosial pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Zubaedah, S.Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Kepedulian Sosial, Anak Usia Dini
Subjects: Covid-19
Komunikasi Sosial
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:38
Last Modified: 03 Jan 2022 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47760

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum