PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B3 PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK NURUL ISLAM PASAR LIWA BALIK BUKIT LAMPUNG BARAT

Ejia Rahmatu Kirana, NIM.: 17104030032 (2021) PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B3 PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK NURUL ISLAM PASAR LIWA BALIK BUKIT LAMPUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B3 PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK NURUL ISLAM PASAR LIWA BALIK BUKIT LAMPUNG BARAT)
17104030032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B3 PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK NURUL ISLAM PASAR LIWA BALIK BUKIT LAMPUNG BARAT)
17104030032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak sangatlah penting, dimana anak diharapkan mampu melakukan interaksi yang baik, mampu menyesuaikan diri berdasarkan nilai, norma dan moral yang terdapat di dalam aturan masyarakat. Dampak dari adanya pandemi Covid-19 pada tahun 2020, anak usia dini diharuskan melakukan interaksi secara terbatas melalui pembelajaran daring dan kemudian dialihkan kembali melalui pembelajaran luring. Terjadinya peralihan pembelajaran tersebut membuat perkembangan sosial emosional anak menjadi terhambat. Hal ini penting untuk diperhatikan, apabila kemampuan sosial emosional anak tidak berkembang, maka akan mempengaruhi kecerdasan anak ketika ia dewasa. Melalui pengamatan di kelompok B3, perkembangan sosial emosional anak belum berkembang dengan baik. Oleh karena itu, peneliti ingin mendeskripsikan lebih dalam mengenai upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kelompok B3 pada masa pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika perkembangan sosial emosional anak kelompok B3 pada masa pasca pandemi Covid-19, untuk menggambarkan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak dan menggambarkan hasil upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yaitu (1) Dinamika perkembangan sosial emosional anak kelompok B3 pada masa pasca pandemi Covid-19 di TK Nurul Islam Pasar Liwa Balik Bukit Lampung Barat yaitu belum berkembang. (2) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kelompok B3 yaitu melakukan pembiasaan senyum, sapa dan salam, pembiasaan menghafal surah-surah pendek, pendampingan kepada peserta didik, dan kegiatan belajar yang menyenangkan. (3) Hasil upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak berhasil dicapai dan mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi kemampuan sosial emosional anak kelompok B3 sebelum dilakukan upaya peningkatan yaitu, terdapat 9 anak (BB), 7 anak (MB), 5 anak (BSH) dan 1 anak (BSB), sedangkan hasil observasi setelah dilakukan upaya peningkatan, kemampuan sosial emosional anak B3 yaitu, 3 anak (MB), 9 anak (BSH), dan 10 anak (BSB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sosial Emosional, Pandemi Covid-19, Peran Guru
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:39
Last Modified: 03 Jan 2022 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47769

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum