PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS PADA 3 ORANG TUA MURID PAUD JABAL NUR DI KECAMATAN BOJONEGARA KABUPATEN SERANG)PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA

Hamsatun, NIM.: 17104030045 (2021) PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS PADA 3 ORANG TUA MURID PAUD JABAL NUR DI KECAMATAN BOJONEGARA KABUPATEN SERANG)PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS PADA 3 ORANG TUA MURID PAUD JABAL NUR DI KECAMATAN BOJONEGARA KABUPATEN SERANG)PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA)
17104030045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS PADA 3 ORANG TUA MURID PAUD JABAL NUR DI KECAMATAN BOJONEGARA KABUPATEN SERANG)PERAN PEREMPUAN SINGLE PARENT TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA)
17104030045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua single parent yang memiliki perkembangan sosial emosional yang berbeda dengan anak-anak lain yang memiliki orang tua utuh seperti kurangnya bersosialisasi, kurang percaya diri, dan pemalu. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai bagaimana perkembangan sosial emosional anak usia dini yang diasuh perempuan single parent, untuk mengetahui peran perempuan single parent dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini, dan apa saja faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Jabal Nur, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian 3 orang tua murid PAUD Jabal Nur yang berstatus single parent dan 2 pendidik PAUD Jabal Nur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) dari ketiga anak yang diasuh perempuan single parent yakni Lulu, Fira, Rizki menunjukan perkembangan sosial emosional yang cenderung kurang bersosialisasi, kurang percaya diri, namun cukup mandiri dan bertanggung jawab serta disiplin (2) terdapat tiga peran yang dijalankan oleh ibu SN, H, dan EY untuk mengembangkan sosial emosional anak yakni membimbing dan mengarahkan anak, menjalin komunikasi yang baik dengan anak, melatih anak untuk bersabar, dan membiasakan anak untuk bersosialisasi dengan orang lain (3) adapun beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak usia dini yaitu keluarga, kematangan, status sosial ekonomi, pendidikan, kepastian mental, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rohinah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Peran Perempuan Single Parent, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Sosial, Interaksi
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:39
Last Modified: 03 Jan 2022 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum