PENERAPAN METODE WAFA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK KELOMPOK B TKIT INSAN MULIA FULLDAY SCHOOL

Laily Mar atul Lutfa, NIM.: 17104030059 (2021) PENERAPAN METODE WAFA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK KELOMPOK B TKIT INSAN MULIA FULLDAY SCHOOL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE WAFA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK KELOMPOK B TKIT INSAN MULIA FULLDAY SCHOOL)
17104030059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE WAFA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK KELOMPOK B TKIT INSAN MULIA FULLDAY SCHOOL)
17104030059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi. oleh pentingnya membaca Al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat islam, maka umat islam harus mampu untuk membaca dan memahami Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidahnya, untuk mengenal Al-Quran juga harus memahami dulu bagaimana cara mengenal huruf hijaiyah. Belajar baca Al-Quran tentu saja memerlukan sebuah metode yang tepat supaya hal yang ditargetkan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Metode belajar baca Al-Quran ini merupakan penggunaan metode yang tepat untuk pencapaian tujuan pembelajaran tertentu yang akan menghasilkan proses pembelajaran yang efektif kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode wafa untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode wafa untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak kelompok B TKIT Insan Mulia Fullday School. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana TKIT Insan Mulia Fullday School sebagai tempat penelitian dan subjek penelitian berupa Kepala Sekolah, Wali kelompok B dan siswa kelompok B TKIT Insan Mulia Fullday School. Pengumpulan data diambil dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian yaitu: 1) Penerapan metode wafa untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak kelompok B TKIT Insan Mulia Fullday School dilakukan dengan memfokuskan belajar Al-Quran menggunakan otak kanan sehingga menghadirkan pembelajaran Al-Quran yang mudah diterima karena pembelajaran wafa ini dikemas secara menarik dan menyenangkan. Penggunaan strategi belajar yang digunakan pada wafa menggunakan strategi TANDUR (tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, rayakan), penggunaan lagu dan hafalan dengan gerakan. Dari sisi materi atau bahan ajar, metode ini memiliki beberapa keunikan, seperti penggunaan bahasa ibu dalam penyusunan buku wafa, buku wafa dilengkapi dengan berbagai macam gambar yang berhubungan dengan konsep atau materi tertentu, dan buku wafa disajikan dengan warna-warna menarik 2) Faktor pendukung untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan metode wafa diantaranya adalah adanya pelatiahan guru dari tim wafa, adanya buku panduan wafa, antusias dan semangat peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar baca Al-Quran menggunakan metode wafa, menjalin komunikasi xi yang baik dengan orangtua agar dapat mempererat hubungan antara pihak sekolah dengan pihak orangtua wali, canggihnya teknologi yang semakin meningkat, pemberian motivasi kepada anak. Sedangkan faktor penghambat meliputi; sibuknya orangtua, terkendala sinyal, tidak sesuai pencapaian karena kurang maksimalnya minat pada setiap anak, guru belum maksimal dalam pemberian materi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.A.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Wafa, Membaca Huruf Hijaiyah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:40
Last Modified: 03 Jan 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum