PENGARUH KUALITAS LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA MI DARWATA SIKAMPUH, KECAMATAN KROYA, KABUPATEN CILACAP

Faizatul Maghfiroh, NIM.: 17104090030 (2021) PENGARUH KUALITAS LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA MI DARWATA SIKAMPUH, KECAMATAN KROYA, KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA MI DARWATA SIKAMPUH, KECAMATAN KROYA, KABUPATEN CILACAP)
17104090030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA MI DARWATA SIKAMPUH, KECAMATAN KROYA, KABUPATEN CILACAP)
17104090030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya penelitian sebelumnya mengenai kualitas layanan lembaga pendidikan dengan siswa pada jenjang dasar sebagai subjeknya, serta banyaknya peminat dibandingkan dengan lembaga pendidikan yang lain di wilayah Desa Sikampuh. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan besar pengaruh kualitas layanan lembaga pendidikan terhadap kepuasan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif asosiatif kausal yang dilaksanakan di MI Darwata Sikampuh, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap dengan populasi seluruh siswa MI Darwata Sikampuh yang berjumlah 195 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sesuai dengan karakteristik sampel sehingga didapatkan responden sebanyak 38 siswa terdiri dari siswa kelas 6. Dalam penelitian ini, variabel independen berupa kualitas layanan dan variabel dependen berupa kepuasan siswa. Data diperoleh menggunakan metode kuesioner dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 24. Hasil perhitungan korelasi bivariat diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,703 dan nilai signifikansi 0,000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang kuat antara variabel kualitas layanan dengan variabel kepuasan siswa. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan dari hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,496 yang menunjukkan bahwa variabel kepuasan siswa (Y) mampu diterangkan oleh variabel kualitas layanan (X) sebesar 49,6%. Selanjutnya diperoleh persamaan regresi Y = 13,783 + 0,496.X dan nilai signifikansi 0,000 < α = 0,05. Selain itu diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Siswa, Lembaga Pendidikan MI
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:43
Last Modified: 03 Jan 2022 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum