PENGARUH LAMA PERENDAMAN IKAN BANDENG (CHANNOS CHANNOS) DALAM ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KADAR PROTEIN: SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN

Khilmiatun Naimah, NIM. 01440767 (2006) PENGARUH LAMA PERENDAMAN IKAN BANDENG (CHANNOS CHANNOS) DALAM ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KADAR PROTEIN: SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LAMA PERENDAMAN IKAN BANDENG (CHANNOS CHANNOS) DALAM ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KADAR PROTEIN: SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN)
01440767_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LAMA PERENDAMAN IKAN BANDENG (CHANNOS CHANNOS) DALAM ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KADAR PROTEIN: SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK PROTEIN)
01440767_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui kadar protein dalam ikan bandeng dan pengaruh lama perendaman dalam asap cair tempurung kelapa terha<lap kadar proteinnya, serta untuk rnengetahui potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar kimia di SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah ikan bandeng segar yang dibeli di tempat pelelangan ikan (TPI) Depok, Bantu!. Sedangkan sampel penelitian ini adalah ikan bandeng segar yang dibeli dari salah satu pedagang di tempat pelelangan ikan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purpossive sampling, yaitu peneliti menentukan ikan bandeng segar dengan berat masing­masing ± 250 gram untuk tiap sampel yang dibeli dart seorang pedagang ikan. Data penelitian ini diperoleh dari analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan metode biuret dan ninhidrin dimana keduanya menunjukkan hasil positif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan metode Kjeldhal. Hasil perhitungan kadar protein ikan bandeng yang direndam dalam asap cair tempurung kelapa adalah: perendaman selama O men it 21, 4 7 %, percn<laman selama 30 menit 20,87 %, pcren<laman selama 60 menit 20,46 %, perendaman selama 90 menit 20,08 %, perendaman selama 120 menit 19,46 %, dan perendaman selama 150 menit 19,04 %. Hasil analisis dengan ANA VA A diperoleh F hitung sebesar 415,52 harga ini kemudian dikonsultasikan dengan F tabel dengan db 5 lawan 12 pada taraf signifikansi 5% yaitu 3, 11 sehingga dipcroleh F hitung > dari F tabel. Selanjutnya dilakukun uji t untuk mcngctuhui pasungan kclompok mana .yang bcrbc<la. I lasil uji t menunjukkan semua pasangan kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lama perendaman dalam asap cair tempurung kelapa terhadap kadar protein ikan bandeng. Proses penelitian yang berupa metode ilmiah dan produk penelitian yang berupa fakta, konsep, dan prinsip, setclah dilakukan pcngkajian melalui langkah­langkah identifikasi yang meliputi: strukturisasi, identifikasi, seleksi dan modifikasi, serta alternatif pemanfaatannya sebagai sumber belajar, menunjukkan bahwa hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif sumber belajar kimia di SMA khususnya pada materi pokok protein.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khamidinal, M.Si,
Uncontrolled Keywords: lkan bandeng, protein
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2021 15:20
Last Modified: 16 Dec 2021 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47790

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum