PENGENALAN DAN PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP IPA (FISIKA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN BAGI ANAK TK ABA TRISIGAN BANTUL

Sri Windiharti, NIP. 01460847 (2005) PENGENALAN DAN PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP IPA (FISIKA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN BAGI ANAK TK ABA TRISIGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGENALAN DAN PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP IPA (FISIKA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN BAGI ANAK TK ABA TRISIGAN BANTUL)
01460847_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGENALAN DAN PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP IPA (FISIKA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN BAGI ANAK TK ABA TRISIGAN BANTUL)
01460847_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan pemahaman konsep-konsep IP A (Fisika) melalui metode belajar sambil bermain serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode belajar sambil bermain terhadap pengenalan dan pemahaman konsep-konsep IPA (Fisika) bagi anak TK. Subjek penelitian adalah anak TK ABA Trisigan kelompok Bl yang be1jumlah 28 anak. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen pengembangan lembar kegiatan pembelajaran berupa skenario kegiatan pembelajaran dan instrumen untuk mengumpulkan data penelitian berupa lembar observasi dan untuk memfasilitasi perekaman data observasi digunakan jumal harian. Efektivitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran tiap siklus dinyatakan dalam persentase. Analisis data penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan konsep-konsep IP A (Fisika) melalui metode belajar sambil bermain dapat dilakukan dengan cara memberikan media dan alat pembelajaran yang konkrit dan sederhana, menciptakan situasi dan kondisi yang menyenangkan, memberikan motivasi, mengenalkan lingkup tema dan nama-nama benda yang akan dipelajari. Menanamkan pemahaman anak terhadap konsep-konsep IPA (Fisika) melalui metode belajar sambil bermain dapat dilakukan dengan cara melibatkan anak secara alctif, memberikan bimbingan dan dorongan, mengajukan beberapa pertanyaan, mendiskusikan makna permainan dan mengadakan kegiatan pemantapan pemahaman. Penggunaan metode belajar sambil bermain memberi pengaruh positif terhadap pengenalan dan pemahaman konsep-konsep IP A (Fisika) bagi anak. Ha ini ditandai dengan meningkatnya persentase efektivitas pembelaJaran pada setiap siklusnya, yaitu Siklus I sebesar 79,64 %, Siklus II sebesa, 85,71 % dan Siklus III sebesar 88,57%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Warsono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengenalan, pemahaman, konsep IPA, metode belajar sambil bermain, anak TK
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2021 15:20
Last Modified: 16 Dec 2021 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum