METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP ANAK USIA 3-7 TAHUN)

Siti Nur Syamsiatul Komariah, NIM. 1470921 (2006) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP ANAK USIA 3-7 TAHUN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP ANAK USIA 3-7 TAHUN))
01470921_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP ANAK USIA 3-7 TAHUN))
01470921_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang metode-metode pembelajaran Islam dan metode pembelajaran khusus penyandang autis yang digunakan di Sekolah Luar Biasa Autisme Bina Anggita Y ogyakarta, beserta faktor­faktor pendukung dan pengbambat dalam penyampaian metode, terutama penggunaan metode pembelajaran pada tahun ajaran 2005/2006. Perolehan basil penelitian ini melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan belajar-mengajar bagi penyandang autis di Sekolah Luar Biasa Autisme Bina Anggita Y ogyakarta, didasarkan pada kurikulum pendidikan yang berorientasi pada kemampuan dan ketidakmampuan anak dengan memperbatikan perbedaan dan kebutuhan masing-masing anak, akan tetapi tujuan dari proses belajar mengajar secara umum adalah agar anak tahu dan paham dengan apa yang diajarkan sehingga anak dapat melakukan kegiatan dengan mandiri terutama kegiatan sebari-bari yang berbubungan dengan dirinya. Sedangkan penerapan metode pembelajaran pendidikan Islam bertujuan agar anak mampu mengubah prilaku dan sikap meajadi lebib baik sesuai dengan syari'at Islam serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sebari-bari. Adapun metode-metode pembelajaran pendidikan Islam yang diterapkan di kelas adalah metode keteladan, metode adat kebiasaan, perbatian/pengawasan, bukuman dan metode cerita. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) Metode pembelajaran pendidikan Islam dalam penerapannya banyak menyangkut wawasan keiimuan pendidikan, yang mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Penyampaian metode dibarapkan dapat menciptakan proses belajar mengajar lebib partisipasif dengan peserta didik aktif dan memiliki ketrampilan dan sikap yang baik. Dari basil analisis di atas, bahwa pelaksanaan metode pembelajaran Islam di SLB Autisme Bina Anggita Y ogyakarta sudah efektif, terlibat dari kesesuaian dengan tujuan yang ditetapkan dan terbukti dengan anak selalu berusaha menerapkan materi dalam kehidupan sebari-bari melalui metode-metode yang telah di sebutkan di atas, walaupun dalam penerapannya anak masih selalu mendapatkan promt atau bantuan penuh dari guru. 2) Adapun faktor­faktor pendukung pelaksanaan metode-metode di atas ialah kemampuan dasar anak, dukungan orang tua murid, dan alat peraga. Sedangkan faktor pengbambat sebagian besar berasal dari peserta didik yaitu karena keterbatasan mereka dalam berkomunikasi, kontak mata kurang dan emosi anak tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pendidikan Islam, Anak Autis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2021 15:21
Last Modified: 16 Dec 2021 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum