PERAN ISMUBA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Siti Masruroh, NIM.02411041 (2006) PERAN ISMUBA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ISMUBA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
02411041_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKAy.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PERAN ISMUBA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
02411041_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Ismuba dalam membentuk Perilaku Keagamaan Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Y ogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Muhamrnadiyah 3 Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokurnentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data melalui proses pemilihan, penyederhanaan dan transforrnasi data-data yang kasaryang muncul dari catatan tertulis di lapangan, kernudian menyajikan data untuk rnernpennudah melakukan pemahaman terhadap masalah yang dihadapi dan yang terakhir adalah menarik kesimpulan. Hasil penelitian rnenunjukkan : (1) Peran Isrnuba sangat penting dalam pernbentukan perilaku keagamaan siswa di SMK Muhammadiyah 3 Y ogyakarta. Dengan melihat basil dari wawancara yang telah dilakukan, maka hal ini membuktikan bahwa dimensi keberagamaan yang terdiri dari lima dimensi, yaitu dimensi keyakinan, dimensi praktek agama, dimensi pengetahuan agama, dan dimensi pengalaman serta dimensi pengamalan terhadap agama siswa di SMK Muhamrnadiyah 3 Yogyakarta adalah cukup baik. (2) Pembentukan perilaku keagamaan merupakan faktor interaksi antara faktor internal dan faktor eksternal yang terwujud dalam bentuk perilaku keseharian seseorang. Adapun faktor internal meliputi : faktor kognisi, faktor emosi, faktor moral dan faktor sosial. Sedangkan faktor eksternal meliputi : lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan Hngkungan masyarakat. (3) Hasil yang telah dicapai dari pembentukan perilaku keagamaan adalah perubahan perilaku keagamaan yang positif, dan rnenjadi lebil1 baik yang dialami oleh siswa di SMK Muhammadiyah 3 Y ogyakarta setelah diadakanilya proses pembelajaran Ismuba di kelas maupun melalui kegiatan keislaman di luar keias oleh gnru Ismuba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Ismuba, Perilaku Keagamaan Siswa, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Dec 2021 15:17
Last Modified: 17 Dec 2021 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum