PERBANDINGAN ESTIMASI VALUE AT RISK (VaR) METODE HISTORICAL SIMULATION, VARIANCE COVARIANCE, DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PORTOFOLIO OPTIMAL MINIMUM VARIANCE EFFICIENT

Resa Nanda Hanantya, NIM.: 15610005 (2020) PERBANDINGAN ESTIMASI VALUE AT RISK (VaR) METODE HISTORICAL SIMULATION, VARIANCE COVARIANCE, DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PORTOFOLIO OPTIMAL MINIMUM VARIANCE EFFICIENT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN ESTIMASI VALUE AT RISK (VaR) METODE HISTORICAL SIMULATION, VARIANCE COVARIANCE, DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PORTOFOLIO OPTIMAL MINIMUM VARIANCE EFFICIENT)
15610005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN ESTIMASI VALUE AT RISK (VaR) METODE HISTORICAL SIMULATION, VARIANCE COVARIANCE, DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PORTOFOLIO OPTIMAL MINIMUM VARIANCE EFFICIENT)
15610005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Investasi merupakan kegiatan penanaman modal pada sektor riil maupun sfinansial, salah dari kegiatan innvestasi yaitu investasi pada saham. Ivestasi dilakukan dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang, namun semakin besar nilai keuntungan yang diinginkan maka risiko yang akan diperoleh pun akan semakin besar. Tingkat risiko yang cukup tinggi mengharuskan seorang investor untuk melakukan diversifikasi saham dengan membentuk suatu portofolio efisien. Salah satu metode yang bertujuan untuk meminimumkan risiko adalah Mean Variance Efficient Portfolio. Selain keuntungan yang diharapkan, risiko merupakan hal yang penting dalam suatu investasi. Value at Risk merupakan estimasi kerugian maksimum yang diperoleh pada periode tertentu dengan tingkat kepercayaan tertentu. Terdapat tiga metode utama dalam menghitung VaR yaitu metode Variance-covariance, metode simulasi Monte Carlo, dan metode Historical Simulation. Ketiga metode tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan saham-saham yang terdaftar kedalam Jakarta Islamic Index (JII) pada periode 1 Desember 2017 – 1 Mei 2019. Terdapat lima belas saham yang secara konsisten masuk kedalam daftar JII dari semua kandidat saham, dipilih saham-saham yang memiliki nilai expected return positif. Dari hasil perhitungan didapat lima saham yang memiliki nilai expected return yang positif diantara nya adalah ADRO.JK, CTRA.JK, PGAS.JK dan KLBF. Dari kelima saham tersebut akan dijadikan sebagai kandidat pembentuk portofolio optimal dengan menggunakan metode Minimum Variance Efficient Portfolio (MVEP). Hasil perhitungan menunjukan bahwa bobot untuk masing-masing saham yaitu ADRO.JK (18,57%), CTRA.JK (17,32%), PGAS.JK (11,17%), dan KLBF.JK(52,94%). Dari ketiga metode dengan menggunakan uji validasi Likelihood Ratio didapat bahwa metode Historical Simulation dan Simulasi Monte Carlo merupakan metode yang dapat mengestimasi kerugian maksimum secara akurat pada tingkat kepercayaan 95% periode 1 hari dengan modal sebesar Rp 10.000.000 dimana hasil estimasi dengan Historical Simulation sebesar Rp 289.000 dan Simulasi Monte Carlo sebesar Rp 291.925.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Farhan Qudratullah, S. Si., M. Si
Uncontrolled Keywords: mean variance efficient; Value at Risk (VaR); historical simulation; vektor; pasar modal syariah; saham
Subjects: Matematika
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 23 Feb 2022 11:56
Last Modified: 23 Feb 2022 11:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47854

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum