PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL

Salsabila, NIM.: 15680018 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL)
15680018_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL)
15680018_BAB II_S.D.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap keaktifan belajar siswa 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah kelas XI MIPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas tersebut yaitu, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data keaktifan belajar siswa menggunakan non test, dengan instrumen berupa angket keaktifan belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan test, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sel. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney (U-test) untuk menguji keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap keaktifan belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig sebesar 0,003 yang berarti nilai sig < 0,05 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti nilai sig < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif; keaktifan belajar; hasil belajar; true experiment
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 23 Feb 2022 12:02
Last Modified: 23 Feb 2022 12:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47855

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum