PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEB “PINTARKIMIA.MY.ID” UNTUK SMA/MA KELAS X MATERI POKOK STOIKIOMETRI

Gesti Nur Rohmah, NIM.: 15670010 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEB “PINTARKIMIA.MY.ID” UNTUK SMA/MA KELAS X MATERI POKOK STOIKIOMETRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEB “PINTARKIMIA.MY.ID” UNTUK SMA/MA KELAS X MATERI POKOK STOIKIOMETRI)
15670010_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEB “PINTARKIMIA.MY.ID” UNTUK SMA/MA KELAS X MATERI POKOK STOIKIOMETRI)
15670010_BAB-II_SAMPAI_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Materi Stoikiometri di SMA/MA merupakan salah satu materi yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Kesulitan pemahaman salah satunya disebabkan oleh kompleksitas materi, serta kurangnya penjelasan guru dikarenakan waktu pembelajaran yang terbatas sehigga muatan dalam web yang akan dikembangkan harus lebih menarik minat dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan karakteristik media pembelajaran, menguji kualitas dan menganalisis respon pengguna terhadap web pada materi pokok stoikiometri kelas X SMA/MA dengan menggunakan metode pengembangan yang sesuai. Proses pengembangan produk dikembangkan mengadaptasi model 4D dan di modifikasi menjadi 3D (Define, Design, dan Development). Produk web ini diverifikasi oleh pembimbing dan tiga peer reviewer. Uji kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan direspon sepuluh peserta didik SMA/MA. Instrumen yang digunakan adalah instrumen kualitas produk skala likert yang terdiri dari tujuh aspek yaitu kelayakan materi/isi, kelayakan Bahasa, kebenaran konsep, keterlaksanaan, tampilan, dan fungsional sedangkan instrumen untuk respon peserta didik berupa lembar angket skala Guttman yang terdiri dari tiga aspek yaitu materi, ketertarikan, dan teknis. Telah dikembangkan produk media pembelajaran berupa web “pintarkimia.my.id” materi kimia bab stoikiometri. Keunggulannya produk ini dapat memberikan pengalaman belajar mandiri dengan tampilan grafis yang elegan dan kalkuator yang dapat digunakan untuk membandingkan soal serta quiz untuk evaluasi belajar. Penilaian kualitas web dosen ahli materi mendapatkan persentase keidealan sebesar 86,6% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian kualitas dari ahli media mendapatkan persentase keidealan sebesar 72,5% dengan kategori Baik (B). Adapun respon peserta didik terhadap media web “pintarkimia.my.id” termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 89,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Karmanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: web pintarkimia.my.id; stoikiometri; Skala likert; Skala Guttman
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 23 Feb 2022 14:51
Last Modified: 23 Feb 2022 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47864

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum