PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE LEARNING “PUZZLE OF CHEMISTRY” BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI POKOK ASAM BASA

Oky Pamungkas, NIM.: 15670014 (2020) PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE LEARNING “PUZZLE OF CHEMISTRY” BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI POKOK ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE LEARNING “PUZZLE OF CHEMISTRY” BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI POKOK ASAM BASA)
15670014_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE LEARNING “PUZZLE OF CHEMISTRY” BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI POKOK ASAM BASA)
15670014_BAB-II_SAMPAI_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Materi asam basa di SMA/MA merupakan salah satu materi yang mudah ditemukan penerapannyanya dalam kehidupan. Akan tetapi seringkali materi asam basa yang diajarkan hanya terfokus pada perhitungan pH. Materi kimia SMA/MA lebih banyak diwarnai dengan materi konseptual teoretik keilmuan kimia dibandingkan dengan aplikasi ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini belum banyak dikembangkan media pembelajaran yang memuat contextual learning pada materi asam basa. Media pembelajaran yang dikembangkan tentunya harus memperhatikan ketertarikan siswa dan kemajuan perkembangan zaman saat ini sehingga perlu dikembangkan media yang interaktif dan mudah diakses oleh siswa. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran yang memuat contextual learning pada materi asam basa dalam bentuk game android interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan metode 4-D (four D). Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberikan koreksi dan diberi masukan oleh peer reviewer. Selanjutnya media divalidasi oleh dosen ahli media dan dosen ahli materi. Produk kemudian dinilaikan oleh lima guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh siswa kelas XI MIA SMA N 1 Wonosari dengan menggunakan instrumen penilaian yang memuat penilaian game usability, mobility, game play, dan contextual learning. Media game android puzzle of chemistry berbasis contextual learning pada materi pokok asam basa yang dikembangkan memiliki karakteristik game yang memuat materi kimia dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan penilaian validasi ahli materi dan ahli media mendapat kategori baik, sedangkan berdasarkan respon guru kimia mendapat kategori sangat baik dengan persentase keidealan 96,3% dan siswa SMA kelas XI MIA mendapat kategori sangat baik dengan persentase keidealan 87%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: pengembangan produk; game android; asam basa; contextual learning
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 23 Feb 2022 15:24
Last Modified: 23 Feb 2022 15:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum