EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X

Rina Nur Ramadhani, NIM.: 15600025 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X)
15600025_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X)
15600025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan PBL melalui metode GI lebih efektif daripada pembelajaran metode konvensional terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitiannya nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jetis Bantul tahun ajaran 2018/2019 sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Kelas X MIPA 1 dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran matematika dengan pendekatan PBL melalui metode GI sedangkan kelas X MIPA 2 dijadikan kelas kontrol dengan pembelajaran metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal prescale-postscale motivasi belajar siswa, pretest-posttest kemampuan berpikir kritis siswa, RPP dan LAS. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji non-parametrik Mann Whitney untuk motivasi belajar siswa dan uji parametrik yaitu uji-t untuk kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) melalui metode Group Investigation (GI) lebih efektif daripada xxi pembelajaran metode konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) melalui metode Group Investigation (GI) lebih efektif daripada pembelajaran metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mulin Nu’man, M. Pd
Uncontrolled Keywords: group investigation; Problem Based Learning (PBL); motivasi belajar; berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Feb 2022 09:00
Last Modified: 25 Feb 2022 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum