ESTIMASI PARAMETER REGRESI ZERO-INFLATED NEGATIVE BINOMIAL (ZINB) MENGGUNAKAN METODE MAKSIMUM LIKELIHOOD

Moh. Irfan Agus Saputro, NIM.: 15610008 (2020) ESTIMASI PARAMETER REGRESI ZERO-INFLATED NEGATIVE BINOMIAL (ZINB) MENGGUNAKAN METODE MAKSIMUM LIKELIHOOD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ESTIMASI PARAMETER REGRESI ZERO-INFLATED NEGATIVE BINOMIAL (ZINB) MENGGUNAKAN METODE MAKSIMUM LIKELIHOOD)
15610008_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ESTIMASI PARAMETER REGRESI ZERO-INFLATED NEGATIVE BINOMIAL (ZINB) MENGGUNAKAN METODE MAKSIMUM LIKELIHOOD)
15610008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hubungan antara variabel respon (Y) dengan satu atau beberapa variabel prediktor (X) dapat diketahui dengan menggunakan analisis regresi. Pada model regresi linear sederhana terdapat asumsi variabel respon mengikuti sebaran normal, namun pada kenyataan sering ditemukan kondisi variabel respon tidak mengikuti sebaran normal. Jika suatu variabel respon yang berdistribusi poisson maka dapat dianalisis dengan model regresi poisson. Terdapat asumsi yang harus terpenuhi di dalam regresi poisson yaitu equidispersi (nilai ragam harus sama dengan nilai rata-rata), sehingga model ini tidak cocok digunakan untuk digunakan pada data yang mengalami overdispersi (nilai ragam lebih besar daripada nilai rata-rata). Regresi poisson adalah model umum yang digunakan untuk menganalisis data diskrit dimana pada data diskrit sering dijumpai amatan yang bernilai nol dengan proporsi yang berlebih pada variabel respon (zero inflation). Alternatif model untuk mengatasi overdispersi dan zero inflation adalah model zero inflated negative binomial (ZINB). Pada penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi parameter regresi Zero-Inflated Negative Binomial (ZINB) menggunakan metode maksimum likelihood. Model zero inflated negative binomial (ZINB) diterapkan pada kasus kematian bayi di Kabupaten Wonogiri tahun 2015. Hasil penelitian didapatkan variabel independen yang berpengaruh terhadap angka kematian bayi adalah persentase ibu hamil risti (X4) dengan nilai AIC sebesar 113,1961.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Farhan Qudratullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: overdispersi; regresi poisson; Zero Inflated Negative Binomial (ZINB); zero inflation; multikolinearitas
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Feb 2022 09:11
Last Modified: 25 Feb 2022 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum