ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Siti Pitriani, - and Mizaniya, - and Yuliananingsih, - and Seka Andrean, - and Istiningsih, - (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. ẽl-Midad : Jurnal PGMI, 12 (1). pp. 54-69. ISSN p-ISSN 2087-8389 e-ISSN 2656-4289

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0)
ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF BERBASIS.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Derasnya arus globalisasi dan cepatnya perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan dalam menyiapkan generasi emas yang dibekali keterampilan yang unggul dan siap dalam berkompetisi. Hal tersebut, memerlukan desain pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan dan kecerdasan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan tentang analisis tematik-integratif berbasis multiple intelligences di era 4.0. Penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (Library Research). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa guna menyiapkan generasi emas yang dibekali keterampilan abad 21 dalam menghadapi arus globalisasi dan perkembangan teknologi, pendidikan era 4.0 perlu mengoptimalisasi segala aspek keterampilan dan kecerdasan peserta didik. Kurikulum 2013 merupakan langkah awal untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui pembelajaran tematik-integratif. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran berbasis multiple intelligences atau kecerdasan majemuk ini sangat diperlukan sebagai desain pendidikan di era digital sekarang ini. Ada sepuluh kecerdasan anak yang didasarkan pada teori multiple intellegences adalah sebagai berikut: Kecerdasan linguistik, kecerdasan logis, kecerdasan spasial visual, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksistensial, dan kecerdasan Emosional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Era Revolusi Industri 4.0, Multiple Intellegences, Tematik-integratif.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Dec 2021 14:50
Last Modified: 21 Dec 2021 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum