IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO UNTUK MENENTUKAN KELAS MADRASAH DINIYYAH (Studi Kasus Madrasah Salafiyyah 4 PP Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta)

Wildan Nadiyal Ahsan, NIM.: 15650050 (2019) IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO UNTUK MENENTUKAN KELAS MADRASAH DINIYYAH (Studi Kasus Madrasah Salafiyyah 4 PP Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Muntaha Makhtum, NIM. 15660045 (2019) PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN RATING SCALE (Studi Kasus di CV Kayu Manis Bagian Mass Production))
15650050_BAB-I_BAB-VII_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Muntaha Makhtum, NIM. 15660045 (2019) PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN RATING SCALE (Studi Kasus di CV Kayu Manis Bagian Mass Production))
15650050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penentuan kelas di Madrasah Salfiyyah 4 PP Al-Munawwir Komplek L Krapyak Yogyakarta, sudah dilakukan dengan menggunakan perhitungan batas minimal setalah semua nilai dirata-rata. Proses penentuan kelas dengan proses tersebut memungkinkan hasil rekomendasi kelas kurang maksimal. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil rekomendasi kelas yang lebih maksimal, Madrasah Salafiyyah 4 membutuhkan sistem khusus untuk proses penentuan jurusan. Dalam skripsi ini akan dikembangkan sebuah sistem penentuan kelas madrasah salfiyyah 4 yang terkomputerisasi. Model yang digunakan dalam kajian ini adalah Fuzzy Tsukamoto. Metode Fuzzy Tsukamoto dilakukan yang pertama kali untuk menentukan fungsi keanggotaannya, kemudain menentukan rule, dan nantinya kategori akan dikelompokkan ke masing-masing kelas sesuai dengan rule yang diterapkan. Metode Tsukamoto yang digunakan adalah metode defuzzyfikasi rata-rata terpusat (Center Average Defuzzifier). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan melalui computer terhadap perhitungan manual didapatkan tingkat keakurasian sebesar dan pengujian fungsionalitas menunjukkan bahwa sistem sudah berfungsi 100% dan pengujian usabilitas menunjukkan bahwa 46% responden sangat setuju dan 56% responden setuju terhadap kemudahan sistem yang telah dibangun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Shofwatul ‘Uyun, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: decission system; Fuzzy Inference System; Tsukamoto; MySQL; PHP
Subjects: Tehnik Informatika
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Feb 2022 09:43
Last Modified: 25 Feb 2022 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum