ANALISIS PERBANDINGAN SENSITIVITAS METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) DALAM PEMILIHANBENIH JAGUNG UNGGUL HIBRIDA DI DINAS PERTANIAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Dinda Ayu Dewanti, NIM.: 16650007 (2020) ANALISIS PERBANDINGAN SENSITIVITAS METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) DALAM PEMILIHANBENIH JAGUNG UNGGUL HIBRIDA DI DINAS PERTANIAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN SENSITIVITAS METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) DALAM PEMILIHANBENIH JAGUNG UNGGUL HIBRIDA DI DINAS PERTANIAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
16650007_DINDA AYU DEWANTI_BAB I_BAB V_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN SENSITIVITAS METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) DALAM PEMILIHANBENIH JAGUNG UNGGUL HIBRIDA DI DINAS PERTANIAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
16650007_DINDA AYU DEWANTI_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini benih jagung yang beredar di pasaran semakin banyak jenisnya. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh jumlah petani yang mendominasi di Kabupaten Gunungkidul. Dalam memilih benih jagung juga sangat perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi jumlah keuntungan maupun kerugian yang didapatkan. Masing-masing benih jagung juga menawarkan segudang pilihan alternatif yang menggiurkan sehingga menyulitkan bagi petani dalam menentukan benih mana yang paling sesuai dan relevan untuk ditanam. Adanya permasalahan dalam memilih benih jagung yang baik dan unggul mengakibatkan banyaknya petani yang merasa dirugikan ketika salah memilih benih jagung, sehingga dibutuhkannya suatu pengambilan keputusan untuk membantu permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini dengan kasus pemilihan benih jagung unggul hibrida perlu adanya suatu metode yang relevan. Penelitian ini pertujuan untuk melakukan analisis perbandingan sensitivitas terhadap metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP) dalam pemilihan benih jagung unggul hibrida di Kabupaten Gunungkidul. Hasil akhir dari penelitian ini adalah semakin tinggi nilai persentase perubahan ranking maka metode tersbut semakin sensitif dan dapat dikatakan yang paling relevan digunakan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan enam kali percobaan (iterasi) dengan menambah bobot 1, 1.5, 2 dimulai dari 0.5 dan 0.25. Dari hasil percobaan 6 kali, analisis sensitivitas metode Simple Additive Weighting (SAW) menghasilkan persentase senstivitas 16.15% sedangan metode Weighted Product (WP) menghasilkan persentase senstivitas 16.08%. Sehingga dapat dikatakan metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah metode yang paling relevan digunakan dalam pengambilan keputusan pemilihan benih jagug ungguk hibrida di Kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Mulyanto, S.Si.,M.Kom.
Uncontrolled Keywords: analisis perbandingan; analisis sensitivitas; Simple Additive Weighting (SAW); weighted product (WP), Benih Jagung Unggul Hibrida.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Feb 2022 10:09
Last Modified: 25 Feb 2022 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum