GAMBARAN ORIENTASI MASA DEPAN MAHASISWI BERCADAR (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWI BERCADAR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Innama Aziza, NIM.: 15710052 (2020) GAMBARAN ORIENTASI MASA DEPAN MAHASISWI BERCADAR (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWI BERCADAR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAMBARAN ORIENTASI MASA DEPAN MAHASISWI BERCADAR (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWI BERCADAR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
15710052_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GAMBARAN ORIENTASI MASA DEPAN MAHASISWI BERCADAR (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWI BERCADAR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
15710052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran orientasi masa depan pada mahasiswi bercadar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Informan pada penelitian ini adalah dua orang mahasiswi bercadar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pergeseran pemikiran akan masa depan setelah menggunakan cadar. Orientasi masa depan informan secara umum digambarkan oleh penilaian mereka akan masa depan sebagai sesuatu yang perlu untuk direncanakan. Orientasi mereka di masa depan yaitu mengenai keinginan menyelesaikan pendidikan, berkarir, melanjutkan usaha keluarga dan pernikahan. Kekhawatiran akan masa depan yang muncul adalah perasaan takut tidak diterima karena penggunaan cadar. Usaha yang dilakukan oleh informan dalam mencapai impiannya yaitu memperbanyak eksplorasi serta menjaga komitmen pada apa yang telah direncanakan. Proses pembentukan OMD dimaknai sebagai sesuatu yang penting untuk dimiliki, manusia harus memiliki rencana, harapan, tetap berusaha meski banyak kendala. Beberapa faktor yang yang mempengaruhi orientasi masa depan yaitu: (1) self-esteem; (2) kemampuan kognitif; (3) skema diri (4) kondisi keberagamaan (5) pola asuh (6) saudara kandung dan teman sebaya (7) konteks kultural (penggunaan cadar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pihasniwati, S.Psi., M.A., Psikolog
Uncontrolled Keywords: cadar; wanita; kemampuan kognitif; pola asuh; perilaku
Subjects: Psikologi
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Feb 2022 16:44
Last Modified: 25 Feb 2022 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47903

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum