EFEKTIVITAS PELATIHAN “AKU MANDIRI” UNTUK MENINGKATKAN PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR BAGI MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI

Asri Palupi, NIM.: 15710073 (2020) EFEKTIVITAS PELATIHAN “AKU MANDIRI” UNTUK MENINGKATKAN PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR BAGI MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN “AKU MANDIRI” UNTUK MENINGKATKAN PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR BAGI MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI)
15710073_BAB -I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN “AKU MANDIRI” UNTUK MENINGKATKAN PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR BAGI MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI)
15710073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pembelajaran dengan pengaturan diri, menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan mahasiswa saat mengerjakan skripsi. Kemampuan pembelajaran dengan pengaturan diri menjadi penting sebagai upaya mengatasi kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui efektivitas pelatihan “aku mandiri” terhadap kemampuan pengaturan diri dalam belajar bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif true experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang mahasiswa yang dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala self regulated learning. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik non-parametrik. Adapun uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Ranks Test untuk menguji perbedaan skor antara pretest-posttest pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil analisis data pengukuran antara pretest dan posttest menunjukkan bahwa tidak ada kenaikan skor secara signifikan pada kelompok kontrol (Z=1,289; p= 0,197 (p>0,05) maupun kelompok eksperimen (Z= -1,826; p=0,068 (p>0,05). Pada pengukuran uji statistik menggunakan analisis Mann Whitney U Test dapat disimpulkan bahwa pelatihan “aku mandiri” tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran dengan pengaturan diri pada subjek penelitian (Z= -1,443; p= 0, 149 (p>0,05) dan Z= -1,742; p= 0,081 (p>0,05). Sedangkan berdasarkan hasil Mean Rank menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor self regulated learning yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen (5,75) dibanding kelompok kontrol (3,25) pada pengukuran pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Lisnawati, S. Psi, M. Psi, Psikolog
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning; mahasiswa; pengaturan diri; Wilcoxon Signed Ranks Test
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Feb 2022 16:02
Last Modified: 25 Feb 2022 16:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47906

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum