PRAKTIK PERKAWINAN ANGGOTA LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA DI DESA GAMPENGREJO KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI

Fitri Nur Mala Sari, S.H, NIM.: 17203010084 (2019) PRAKTIK PERKAWINAN ANGGOTA LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA DI DESA GAMPENGREJO KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK PERKAWINAN ANGGOTA LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA DI DESA GAMPENGREJO KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI)
17203010084_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK PERKAWINAN ANGGOTA LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA DI DESA GAMPENGREJO KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI)
17203010084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkawinan merupakan salah satu sunatullah dimana belaku pada semua makhluk Tuhan baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Mengenai pelaksanaan perkawinan ada beberapa aliran yang mempunyai tatanan perkawinan tersendiri salah satunya yakni Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Berdasarkan penelitian salah satunya di Desa Gampengrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri terdapat banyak praktik perkawinan anggota LDII. Salah satu dari ajaran para anggota Lembaga Dakwah Islam Indonesia adalah terdapatnya konsep pemilihan pasangan satu aliran yang mana dalam unsur kafā’ah tidak menjelaskan mengenai konsep sealiran tersebut dan apabila terdapat pasangan yang berbeda aliran dari mereka maka akan diajak untuk menjadi pengikut dari golongan tersebut meskipun tanpa paksaan. Oleh karena itu penulis ingin meneliti Mengapa praktik pernikahan sealiran dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik perkawinan sealiran dalam Lembaga Dakwah Islam Indonesia Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan Sosiologi Hukum. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah dekriptif kualitatif analisis. Dalam metode pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Ideologi Hukum dan Maslahah yang mana untuk mengupas praktik perkawinan yang ada. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa: 1. LDII merupakan aliran yang melakukan pemilihan jodoh sealiran dengan tujuan sebagai usaha agar terjaganya kebiasaan turun menurun yang dilakukan dari para ulama terdahulu , untuk menjaga kemurnian ajarannya serta menjaga para pengikutnya dari perbuatan yang dilarang dan untuk mengembangkan ajarannya. 2.Praktik perkawian sealiran LDII dalam kafā’ah yang mereka anut di mana ada kriteria satu golongan yang sama dalam hukum Islam tidak sesuai dengan unsur-unsur kafā’ah yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadis yang didasarkan dalam empat unsur yakni tentang hartanya, nasabnya kecantikannya dan agamanya, sedangkan dalam penerapanya anggota LDII beranggapan bahwa pencarian jodoh memiliki unsur agama yang sama di pahami juga sebagai pemilihan jodoh dari satu kelompok yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Agus Moh. Najib, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: perkawinan; Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII); pasangan satu aliran; kafa’ah
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 11:16
Last Modified: 05 Jan 2022 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum