STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PAUD (STUDI KASUS DI TK ANNUR II MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)

Milda Wiranti, - and Novi Cynthia Yusnita, - and Nur Saadah, - and ISTININGSIH, - and Mohamad Agung Rokhimawan, - (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PAUD (STUDI KASUS DI TK ANNUR II MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA). JURNAL CARE Children Advisory Research and Education, 8 (2). pp. 47-57. ISSN P-ISSN: 2355-2034 / E-ISSN: 2527-9513

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PAUD (STUDI KASUS DI TK ANNUR II MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA))
STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PAUD.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan hal penting yang menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam mewujudkan kurikulum 2013 sebagaimana yang diharapkan. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan studi kasus yang dilaksanakan di TK Annur II Yogyakarta.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 di TK Annur II Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpukan data yang digunakan berupa observasi terhadap siswa, wawancara kepada guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh beberapa temuan terkait strategi guru dalam implementasi Kurikulum 2013, yaitu: a) guru melakukan diskusi dalam proses penyusunan RPPH; b) guru menyusun RPPH melalui langkah-langkah yang sesuai; c) guru melaksanakan pembelajaran secara rinci; d) guru sebagai fasilitator; e) guru memberikan pendidikan karakter; f) guru membimbing anak dalam belajar sesuai dengan pendekatan saintifik; g) guru memilih dan menggunakan metode, media, dan sumber belajar yang bervariasi, h) guru melakukan penilaian otentik; i) guru memilih dan menggunakan teknik penilaian yang bervariasi; dan j) guru memberikan pengembangan pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, implementasi, kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Dec 2021 15:42
Last Modified: 22 Dec 2021 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum