PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Fauzi, NIM.: 1620411065 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1620411065_BAB 1_V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1620411065_BAB II_III, IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tahapan pengembangan multimedia pembelajaran bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6 (2) Menguji kualitas pengembangan multimedia pembelajaran bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6 (3) menguji peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan penerapan multimedia pembelajaran bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6 dibanding peserta didik tanpa penerapan multimedia pembelajaran bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6. Produk yang di kembangkan dinilai oleh ahli multimedia, ahli materi, guru bahasa Arab, dan diujicobakan dengan skala terbatas dan kecil. Sampel uji coba lapangan terdiri dari kelas dengan penerapan multimedia pembelajaran bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6 sebagai kelas eksperimen dan kelas yang tanpa penerapan multimedia pembelajaran bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6 sebagai kelas kontrol. Instrumen uji coba meliputi lembar kuesioner atau angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan soal prestasi belajar yang telah divalidasi oleh ahli multimedia dan materi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan anova untuk menguji pengaruh penerapan multimedia pembelajaran bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6 terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran bahasa Arab dalam penelitian ini dilakukan sesuai tahap pengembangan model Borg & Gall dari tahap satu hingga tahap kesepuluh. (2) Kualitas multimedia pembelajaran Bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6 berdasarkan penilaian guru bahasa Arab, ahli multimedia, ahli materi dan evaluasi siswa tahap satu dan dua termasuk katerogi baik sekali dengan nilai rata-rata 92,63. Penilaian pada tahap uji coba skala terbatas dan kecil juga menyimpulkan bahwa multimedia pembelajaran bahasa Arab menggunakan software Adobe Flash CS6 memiliki kualitas baik sekali dengan nilai rata-rata 92,11. (3) Terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan selisih 9,17 antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang menandakan rerata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Adobe Flash CS6, Prestasi Belajar, Model Borg & Gall.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 13:07
Last Modified: 05 Jan 2022 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum