PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS BAHASA ARAB TERPADU UNTUK KELAS 1 MADRASAH DINIYAH TAKMILIYYAH WUSTA AL-IRSYAD BANJAR JAWA BARAT

Leni Nurazizah, NIM.: 1620411066 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS BAHASA ARAB TERPADU UNTUK KELAS 1 MADRASAH DINIYAH TAKMILIYYAH WUSTA AL-IRSYAD BANJAR JAWA BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS BAHASA ARAB TERPADU UNTUK KELAS 1 MADRASAH DINIYAH TAKMILIYYAH WUSTA AL-IRSYAD BANJAR JAWA BARAT)
1620411066_BAB-I_AAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS BAHASA ARAB TERPADU UNTUK KELAS 1 MADRASAH DINIYAH TAKMILIYYAH WUSTA AL-IRSYAD BANJAR JAWA BARAT)
1620411066_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Leni Nurazizah. Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks Bahasa Arab Terpadu Untuk Kelas I Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Al-Irsyad Banjar Jawa Barat. Tesis, Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Bahan ajar memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena bahan ajar merupakan salah satu unsur yang sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar buku teks Bahasa Arab Terpadu yang dirancang khusus sesuai kurikulum MDT 2013 dan menguji kelayakannya dengan tujuan agar dapat dipergunakan sebagai bahan ajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Al-Irsyad Banjar Jawa Barat. Adapun model pengembangan yang digunakan peneliti yaitu model pengembangan Borg & Gall dengan tahapan yang terdiri dari: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi/data, desain produk, validasi, revisi, uji coba, revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, observasi dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi terhadap kelayakan buku teks Bahasa Arab kelas 1 Madrasah Diniyah takmiliyah wustha dari aspek isi/materi dengan rata-rata skor 4,1 dengan kategori baik dan aspek pembelajaran dengan rata-rata skor 4,4 dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli desain pembelajaran terhadap kelayakan buku teks buku teks bahasa Arab dari aspek tampilan dengan rata-rata skor 4,75 dengan kategori sangat baik dan aspek penggunaan dengan rata-rata skor 4,2 dengan kategori baik. Hasil respon guru terhadap kelayakan buku menunjukkan bahwa guru memberikan respon positif dengan rata-rata skor 4,6 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa kelas kecil diperoleh skor rata-rata 4,45 dengan kategori sangat baik dan respon siswa kelas besar diperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, secara keseluruhan hasil dari penelitian dan pengembangan ini, bahwa buku teks bahasa Arab yang dikembangkan layak untuk digunakan siswa kelas 1 Madrasah Diniyah takmiliyah wustha.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Bahasa Arab; sistem terpadu; Kurikulum MDT 2013
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Madrasah Diniyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 13:14
Last Modified: 05 Jan 2022 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum