PENGEMBANGAN KAMUS PENDIDIKAN DAN PENELITIAN INDONESIA-ARAB ARAB-INDONESIA (STUDI KASUS S1 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Faiz Mazdha Aufa, NIM.: 17204010069 (2020) PENGEMBANGAN KAMUS PENDIDIKAN DAN PENELITIAN INDONESIA-ARAB ARAB-INDONESIA (STUDI KASUS S1 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KAMUS PENDIDIKAN DAN PENELITIAN INDONESIA-ARAB ARAB-INDONESIA (STUDI KASUS S1 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
17204010069_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KAMUS PENDIDIKAN DAN PENELITIAN INDONESIA-ARAB ARAB-INDONESIA (STUDI KASUS S1 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
17204010069_BAB II_III_IV_PDF .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (reseach and development). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kamus Indonesia- Arab Arab-Indonesia khusus istilah-istilah dalam bidang pendidikan dan penelitian serta mengetahui validasi atau penilaian atas produk tersebut dari validator ahli materi dan desain. Untuk mengetahui kelayakan produk tersebut, penulis menggunakan skala likert dengan kategori nilai : sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), kurang (K), sangat kurang (SK). Penilaian dilakukan oleh ahli materi, ahli desain serta 30 mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga sebagai responden. Hasil penelitian ini berupa produk kamus yang berjudul Kamus Indonesia- Arab, Arab Indonesia Tematik Istilah Khusus Pendidikan dan Penelitian. Istilahistilah dalam kamus ini khusus istilah dalam lingkup pendidikan dan penelitian. Adapun komponen kamus terdiri dari : (1) sampul, (2) pendahuluan, (3) petunjuk penggunaan kamus, (4) daftar isi, (5) tema pendidikan, (6) tema penelitian, (7) Arab-Indonesia, (8) daftar pustaka. Hasil uji kelayakan produk diperoleh nilai dan interpretasi sebagai berikut : (1) ahli materi 1 diperoleh nilai rata-rata 86.6% dengan interpretasi Sangat Layak, (2) ahli materi 2 diperoleh nilai rata-rata 93.3% dengan interpretasi Sangat Layak (3) rata-rata nilai ahli desain 66.6% dengan interpretasi Layak, (4) rata-rata nilai pada uji coba kelas kecil 84.5% dengan interpretasi Sangat Layak, (5) rata-rata nilai pada uji coba kelas besar 88.58% dengan interpretasi Sangat Layak. Adapun ratarata penilaian keseluruhan 83.1 % dengan interpretasi Sangat Layak. Dengan demikian, produk penelitian yang berupa Kamus Indonesia-Arab Arab Indonesia Tematik Istilah Khusus Pendidikan dan Penelitian layak untuk dipublikasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Radjasa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kamus Tematik; penelitian; leksikografi; Indonesia-Arab; desain produk
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kamus
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 13:21
Last Modified: 05 Jan 2022 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum